Beri 10 Makanan Ini Bila Balita Susah Gemuk

  • Whatsapp
Beri 10 Makanan Ini Bila Balita Susah Gemuk
Beri 10 Makanan Ini Bila Balita Susah Gemuk
Mantapps.com – Balita susah gemuk, adalah salah satu masalah yang sering membuat orang tua resah. Maklum, penambahan berat badan umumnya merupakan hal yang selalu diperhatikan oleh orang tua (terutama ibu) sebagai salah satu patokan pertumbuhan anak.
Bila berat badan balita sulit bertambah, Anda mungkin akan mencurigai anak mengalami masalah “gagal berkembang” atau “kurang gizi.” Namun jangan lupa, Moms, yang harus Anda perhatikan bukan hanya berat badan anak saja tapi juga tinggi badannya.
Korelasi tinggi dan berat badan dipantau menggunakan grafik Indeks Massa Tubuh yang mencatat pertumbuhan anak sejak lahir hingga masa remaja. Jadi, perhatikan dulu indeks ini ya, Moms.
Bila memang berat badan balita Anda sulit bertambah namun tingginya terus meningkat dan masih dalam indeks normal untuk usia mereka, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tapi bila tidak, Anda perlu memeriksakan anak ke dokter untuk melihat apakah masalah berat badan yang dialami anak perlu mendapat tindakan lebih lanjut.
Anda juga bisa mencoba memberi anak makanan yang tinggi kalori untuk menambah berat badannya. Apa saja contohnya? kumparanMOM merangkumnya dari berbagai sumber untuk Anda:
Teruskan menyusui hingga anak berusia 2 tahun atau lebih
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tapi bukan berarti Anda hanya menyusui si kecil saat masih bayi saja lho, Moms. WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan ibu menyusui anaknya secara ekslusif selama 6 bulan dan diteruskan hingga anak berusia 2 tahun atau lebih agar anak mendapatkan nutrisi maksimal.
Dengan nutrisi terbaik dari ASI, anak akan lebih mudah menambah berat badan. Dan agar volume maupun kualitas ASI lebih optimal, ibu disarankan makan makanan yang kaya protein, vitamin dan mineral.
Bila anak telah berusia sekitar 2 tahun, Anda bisa mulai memberinya sereal untuk sarapan. Misalnya cornflake yang direndam dalam susu. Jika balita susah gemuk, Anda juga bisa menyajikan ragam sereal lain atau memberi anak bubur oatmeal dengan ayam suwir. Hmm…lezat!Sajikan telur rebus yang betul-betul matang untuk anak¬†

Telur adalah sumber protein yang kaya dan bermanfaat dalam menambah kalori juga. Telur dapat direbus, digoreng, didadar atau dicampur ke dalam masakan lainnya. Misalnya dengan menambahkan telur ke dalam puding, pancake, atau isian untuk roti.

Muat Lebih

Ikan, daging dan unggas

Bukan cuma kaya akan protein dan vitamin, ikan adalah sumber Omega 3 yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Sementara daging dan ayam kaya akan kolesterol, niasin, magnesium, fosfor, Vitamin B6 dan B12. Sajikan berselang-seling agar anak tidak cepat bosan.

Potong-potong kecil keju cheddar dan tawarkan sebagai makanan kecil untuk balita. Anda juga bisa membeli keju dalam bentuk stik yang mudah disukai anak.

Mencampur keju ke dalam nasi? Boleh juga. Parut saja sebagai taburan atau gunakan keju lumer. Tidak hanya kaya akan kalsium, keju juga membantu balita yang susah gemuk menambah lemak sehat di tubuhnya.

Minyak zaitun sangat baik untuk menambah berat badan anak

Zaitun kaya akan lemak sehat. Jadi, cobalah memasak makanan untuknya dengan minyak zaitun dan lihat hasilnya. Bila balita susah gemuk, jangan lupa tambahkan banyak sayuran berdaun hijau ke dalam makanannya. Bayam dan broli misalnya.

Wortel, buncis dan labu juga merupakan sumber mineral dan vitamin yang kaya. Cobalah untuk memasukkan satu porsi setiap sayuran ini setiap hari. Sementara kacang polong kaya akan vitamin dan serat makanan dan sumber makanan yang baik untuk kalori tinggi.

Selain beberapa sayuran tersebut di atas, sayuran bertepung seperti kentang dan ubi jalar kaya akan lemak sehat. Kentang adalah sumber energi dan karbohidrat yang sangat baik, dan anak-anak suka kentang tumbuk dan keju. Ubi Jalar kaya akan beta-karoten dan gula. Coba saja rebus atau tumbuk ubi jalar lalu sajikan dengan keju untuk si kecil, Moms.

Pisang, mangga, dan apel adalah beberapa pilihan buah yang tinggi kalori sehingga cocok untuk balita susah gemuk Anda. Sajikan sebagai buah potong atau x27;sulapx27; jadi milkshake maupun smoothies.

Anda juga bisa memberi anak alpukat yang terkenal padat kalori dan lemak sehat. Tekstur alpukat yang lembut dan kenyal juga mudah disukai anak-anak.

Selain alpukat, Anda bisa memberi si kecil buah persik atau peach yang kaya akan vitamin A, serat makanan, niasin, dan sumber Vitamin C yang hebat. Buah ini juga bagus untuk balita susah gemuk.

Sementara kismis, kurma dan buah-buahan kering lainnya bisa Anda campurkan dalam menu sarapan anak Anda. Untuk menambah kaya rasa seralnya mungkin?

Cobalah membawa buah kering dalam kemasan atau menawarkannya pada anak dalam mangkuk kecil sebagai camilan pengganti cokelat dan permen. Rasa manisnya disukai anak, tapi ia akan mendapat asupan nutrisi yang menyehatkannya.

Kacang adalah makanan ringan yang tinggi kalori sehingga bisa bermanfaat untuk menambah berat badan anak. Bila balita susah gemuk, sediakan saja kacang untuknya. Bisa kacang kenari, kacang tanah, almond, mete dan banyak lagi.

Agar anak lebih semangat mengonsumsinya, pilihkan kacang-kacangan yang sudah dikupas atau diberi tambahan madu.

Cara mudah menawarkan kacang ke anak adalah dengan memberinya peanut butter atau selai kacang! Makanan yang satu ini memiliki kandungan minyak dan lemak alami sehingga membuatnya kaya kalori.

Anda bisa mengoleskan selai kacang pada roti panggang, biskuit, maupun buah-buahan yang pasti disukai anak.

Untuk balita susah gemuk yang alergi terhadap kacang, coba jenis selai kacang lainnya seperti selai almond, wijen atau kedelai.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait