Berburu Kuliner Ramadan: Palai Bada Jadi Lauknya Nasi Saat Berbuka Puasa di Kota Padang

  • Whatsapp

Berburu Menu Berbuka Puasa: Palai Bada Khas Minangkabau Temannya Nasi Saat Berbuka Puasa

Laporan wartawan Mantapps.com, Rezi Azwar

Mantapps.com, PADANG – Menu berbuka puasa dan jajanan khas Minangkabau yang berbalut daun pisang atau disebut Palai Bada tampak tersaji di meja dagangan menu makanan, Jumat (10/5/2019).

Meri, pedagang Palai Bada di depan Mushalla Al-Firdaus Jalan Raya Ampang, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyajikan salah satu makanan khas Minangkabau tersebut.

“Saya saja menjual makanan ini sudah 38 tahun lamanya, Dan, di daerah ini saya yang paling lama menjual Palai Bada,” kata Meri kepada Mantapps.com, Jumat (10/5/2019).

Meri menjelaskan bahwa Palai Bada terdiri dari empat jenis, masing-masing; Palai Bada Biasa, Palai Bada Balado, Palai Bada Karambia (Kelapa), dan Ikan Asin Pucuk Ubi.

“Bahwa makanan ini bahan-bahannya dari ikan teri basah atau yang disebut oleh orang Minang dengan ikan Bada,” kata Meri.

Meri menambahkan bumbu lainnya adalah kelapa yang sudah diparut, cabe giling, dan bumbu-bumbu lainnya yang sudah di giling seperti kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah.

“Pertama-tama kelapa yang sudah dikukus, di giling terlebih dahulu, lalu dicampurkan dengan bumbu-bumbu seperti kunyit, serei, lengkuas, bawang putih dan bawang merah. Setelah tercampur rata lalu dimasukkan ikan teri basah, lalu di bungkus rapi dengan daun pisang,” ujar Meri

Meri menjelaskan setelah terbungkus rapi, lalu di bakar di perapian dengan bara.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait