Berbentuk Sidik Jari, Pulau di Kroasia Bikin Penasaran

  • Whatsapp
Berbentuk Sidik Jari, Pulau di Kroasia Bikin Penasaran
Berbentuk Sidik Jari, Pulau Di Kroasia Bikin Penasaran

Setiap manusia terlahir dengan sidik jarinya masing-masing. Bahkan salah satu keistimewaannya, dari jutaan hingga miliaran manusia belum ada satu orang yang memiliki pola sidik jari yang serupa.

Bicara soal sidik jari, tahukah kamu ada sebuah pulau unik di Kroasia yang jika dilihat dari udara tampak seperti sidik jari berukuran raksasa. Unik bukan? Ya, pulau tersebut adalah Baljenac.

Muat Lebih

Dilansir Total Croatia, Pulau Baljenac berada di sekitar Laut Adriatik – laut yang memisahkan semenanjung Italia dan Balkan. Baljenac merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki ukuran hanya 14 hektare yang tidak berpenghuni.

Sedangkan garis-garis di pulau yang menyerupai sidik jari itu merupakan dinding-dinding batu yang dikelilingi pepohonan. Dinding batu sepanjang kurang lebih 23 km itu merupakan suatu penanda, yakni penanda batas-batas tiap lahan perkebunan.

Menariknya lagi, struktur dinding batu itu tidak dibuat dengan alat-alat atau mesin modern melainkan dibuat secara manual dengan tenaga manusia dan sebagian besar dari mereka yang mengerjakannya adalah para penduduk Pulau Kaprije yang berada di bagian selatan Kroasia.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Sekitar satu abad silam, Baljenac merupakan tanah kosong yang kemudian dijadikan sebagai perkebunan. Para laki-laki penduduk Pulau Kaprije akan mengantarkan para perempuan dengan menggunakan perahu dayung dari pantai Liar Inlet menuju pulau tersebut untuk berladang

Sementara mereka bekerja di ladang, para pria akan menghabiskan hari-hari mereka di laut. Begitu malam tiba, mereka akan membawa kembali pasangannya ke Pulau Kaprije.

Akan tetapi, hal tersebut tidak bertahan lama karena para penduduk merasa kesulitan untuk mengelola tanamannya karena memang lokasi pulau yang berada di tengah-tengah lautan.

Meski begitu, Pemerintah Kroasia pun tidak menghancurkan Pulau Baljenac. Malah merawat pulau tersebut dan mengajukannya ke UNESCO agar menjadi Situs Warisan Dunia.

Bahkan, kini telah banyak operator tur wisata yang menawarkan paket perjalanan ke Pulau Baljenac. Bagi mereka yang hendak mengunjungi pulau ini, perjalanan bisa dimulai dari kota Sibenik yang memakan waktu sekitar tiga jam dari Zagreb lalu menggunakan speedboat.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Pulau Baljenac?

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait