Awas! Harga Kuliner Pedas Bakal Naik

  • Whatsapp

KOTA MALANG – Dari hasil monitoring stabilitas harga di sejumplah pasar, distributor hingga Bulog oleh wali Kota Malang, Sutiaji, kemarin (8/5), harga tomat dan cabai mengalami kenaikan Rp 5000. Harga cabai besar di hari-hari biasa Rp 30 ribu per kilogram naik menjadi Rp 35 ribu per KG. Sedangkan tomat naik dari harga Rp 8000 perkilo menjadi 13 ribu.
.
“Kenaikan cabe dan tomat ini karena permintaanya ternyata banyak tapi pengirimannya kurang. Tapi meskipun naik, saya menghimbau masyarakat tak perlu cemas, jangan sampai memborong biar harganya nggak makin naik lagi,” tegasnya.

Masalah ketersediaan dan keterjangkauan menurut Sutiaji menjadi permasalah utama mengapa harga melonjak. Antar lapak satu dan lapak lain di satu kawasan yang sama harganya tidak sama. Inilah yang menimbulkan permainan pasar.

“Sebenarnya tidak terlambat tapi kalau memang iya harus diantisipasi. Namun masalahnya adalah ketersediaan dan keterjangkauan, belinya cuma beda satu lapak udah beda harga, karena tengkulaknya beda. Padahal secara kualitas sama, ini yang jadi problem,” tambah dia.

Sedangkan harga minyak, gula dan tepung cenderung stabil. Bulog Sub Drive sendiri telah menjamin ketersediaan minyak dan gula hingga 6 bulan ke depan. Ada sekitar 500 ton persediaan gula dan 4000 liter minyak untuk stok selama setengah tahun.

Sebagai informasi, Sutiaji melakukan pemantauan ini bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang. Diantaranya terlihat ketua BPS Kota Malang, Sunaryo, dan Sekertaris Daerah, Wasto. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas sebagai upaya pengendalian inflasi.

Pewarta: Rida Ayu
Foto:Rubianto
Penyunting: Fia

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait