9 Pekerjaan yang Bisa Anak Lakukan saat Tak Ada ART di Rumah

  • Whatsapp
9 Pekerjaan yang Bisa Anak Lakukan saat Tak Ada ART di Rumah
9 Pekerjaan Yang Bisa Anak Lakukan Saat Tak Ada Art Di Rumah

Orang tua, ingin anak tumbuh mandiri. Tapi kadang-kadang, malah kita sendiri nih Moms, yang sering tidak percaya pada kemandirian si kecil. Salah satunya, tidak percaya memberi anak kepercayaan untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Muat Lebih

Loading...

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkPadahal, ada banyak pekerjaan rumah yang bisa dilakukan anak bahkan yang masih balita. Kuncinya, beri mereka kepercayaan kita! Si kecil bisa kok, melakukannya.

Dengan memberi kepercayaan pada anak, beban pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan orang tua juga bisa berkurang. Terutama, di masa-masa menjelang hari raya seperti sekarang ini. Mungkin saja, asisten rumah tangga (ART) andalan Anda sudah pulang ke kampungnya, kan?

Nah Moms, apa saja sih pekerjaan rumah tangga yang bisa dan aman untuk anak lakukan?

anak mencuci piring Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
anak mencuci piring Foto: Shutterstock

1.Membawa gelas kotor ke dapur

Setelah keluarga Anda makan bersama, entah itu waktu sahur maupun berbuka, pasti ada banyak gelas, piring, juga sendok garpu kotor di meja. Anak bisa membantu membawanya ke dapur atau tempat cuci piring.

Ingatkan agar anak membawanya dengan dua tangan dan tidak tergesa-gesa. Bila jatuh (dan pecah!) tak perlu dimarahi. Pengalaman ini justru akan membuat anak belajar untuk lebih berhati-hati lain kali.

2.Mencuci Piring

Anak juga bisa mencuci piring, perlengkapan makan atau alat dapur kotor lainnya, asal sudah Anda jelaskan caranya. Untuk anak yang lebih kecil, sediakan bangku atau pijakan supaya ia bisa menjangkau keran dan tempat cuci piring dengan lebih mudah.

Bila perlu, pilah dan pisah dulu apa-apa saja yang perlu dicuci anak dan apa yang akan Anda cuci sendiri. Misalnya, hanya peralatan plastik atau melamin serta sendok dan garpu yang dicuci balita sementara Anda mencuci pisau dapur, panci dan yang lainnya.

anak menjemur pakaian Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
anak menjemur pakaian Foto: Shutterstock

3.Menjemur pakaian

Menjemur pakaian? Anak juga bisa, kok! Siapkan bangku plastik yang kokoh bila posisi jemuran terlalu tinggi untuk anak. Atau pasang tali untuk menggantung jemuran kecil lebih rendah. Sama seperti urusan mencuci piring, bila perlu, pisahkan dulu pakaian yang akan dijemur oleh anak.

4.Menyiram tanaman

Ini mungkin jadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling disukai anak. Ya Moms, biasanya anak suka main air kan? Tapi untuk menghindari lebih banyak air di tubuh si kecil daripada di halaman rumah, coba siapkan gayung atau penyiram tanaman kecil untuknya. Cara ini lebih ‘aman’ daripada membiarkan anak menyiram tanaman dengan selang.

5.Menyapu halaman

Sering geregetan kalau anak menyapu rumah karena jadi malah membuat kotoran menyebar? Sabar, Moms. Bukan berarti kita langsung mencabut kepercayaan darinya. Coba minta anak menyapu halaman saja.

Menyapu daun-daun kering atau sampah di halaman rumah relatif lebih mudah bagi anak. Pelan-pelan keterampilan menyapunya akan bertambah, begitu juga dengan kepercayaan dirinya.

anak memilih baju Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
anak memilih baju Foto: Shutterstock

6.Memisahkan baju bersih

Baju-baju yang sudah Anda setrika menumpuk di keranjang? Nah, saatnya minta anak bantu memisahkannya. Misalnya memisahkan baju Ayah, ibu, baju kakak, adik dan baju-bajunya sendiri menjadi satu tumpukan.

Ini akan sangat membantu memudahkan setiap anggota keluarga memasukkan baju bersih kembali ke dalam lemari. Menghemat waktu jadinya!

7.Menyedot debu

Bila sudah diajari dan terbiasa, anak juga bisa kok membantu menyedot debu di karpet ruang keluarga. Buat tugas ini jadi misi istimewa di matanya. Seperti superhero yang bertugas menangkap musuh dengan senjata ampuhnya!

Anak mencuci sepatu Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Anak mencuci sepatu Foto: Shutterstock

8.Mencuci sandal dan sepatu

Sikat, air dan sabun! Anak pasti senang dengan tugas yang satu ini. Mulai saja dari sandal dan sepatunya sendiri lalu pilih saja waktu yang tepat untuk si kecil melakukanya. Misalnya, sesaat sebelum anak mandi.

anak mencuci mobil Foto: Shutterstock© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
anak mencuci mobil Foto: Shutterstock

9.Mencuci mobil

Yang terakhir, mencuci mobil! Ini bisa jadi lebih seru untuk anak dibandingkan menyiram tanaman. Katakan pada anak, “Kalau mobilnya sudah berhasil kamu cuci bersih, kita akan jalan-jalan sekeluarga.” Horreeeee!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait