7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamu

  • Whatsapp

Saat sudah berpuasa seharian, tubuh biasanya terasa lemas dan lelah karena sudah menahan lapar serta haus. Namun ketika tiba waktunya berbuka puasa, kamu sebaiknya berbuka dengan minuman dan makanan ringan yang manis terlebih dahulu. Karena makanan dan minuman yang manis, dapat membantu memulihkan energimu.

Berbagai daerah di Indonesia, memiliki banyak sekali kuliner dengan cita rasa manis yang bisa kamu jadikan alternatif menu berbuka puasa. Kalau selama ini kamu bosan karena menu buka puasamu itu-itu saja, cobalah untuk berbuka puasa dengan aneka kuliner nusantara berikut ini.

1. Bubur Kampiun

instagram.com/muthikautsar

Hidangan yang satu ini berasal dari Sumatera Barat. Terbuat dari campuran ketan putih, bubur sumsum, ketan hitam, kolak ubi atau kolak pisang, bubur kacang hijau, dan onde-onde. Karena memiliki isian yang banyak, bubur ini memiliki banyak perpaduan rasa manis yang berbeda namun tetap terasa enak. 

2. Toge Panyabungan

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamuimgrumweb.com

Walaupun namanya toge, namun hidangan yang satu ini tidak memakai toge sama sekali loh. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner kegemaran masyarakat Mandailing, Sumatera Utara. Dan biasanya selalu ada di saat bulan puasa. Toge Panyabungan ini memiliki isian ketan, pulut hitam, pulut tape, candil, lupis, cendol, dan disiram dengan kuah gula merah serta santan. Dan disajikan dengan tambahan es batu, rasanya dingin menyegarkan.

3. Es Pisang Ijo

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamuinstagram.com/no_em14n

Nama makanan asal Sulawesi Selatan yang satu ini, sudah sangat populer di seluruh Indonesia. Dan memang rasanya sangat gurih dan enak. Terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau, dan biasanya disajikan dengan tambahan bubur sumsum, santan, es dan sirup. 

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Air Kelapa Muda Segar, Ada yang dari Thailand

4. Bongko Kopyor

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamuwebstagram.one

Nama makanan yang satu ini mungkin masih jarang didengar oleh sebagian orang, namun sangat populer di Gresik, Jawa Timur. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sering dicari oleh masyarakat Gresik ketika berbuka puasa. Terbuat dari daging kelapa muda, tepung terigu, nangka, roti tawar, hingga pisang dan dibungkus daun pisang. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan lezat.

5. Jojongkong

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamucookpad.com

Kuliner manis yang satu ini gampang banget kamu temukan di daerah Lampung. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan gula merah, bentuknya mirip dengan bubur sumsum. Makanan yang satu ini menjadi makanan kesukaan masyarakat Lampung saat berbuka puasa, karena memiliki citarasa manis dan gurih.

6. Es Selendang Mayang

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamuimgrumweb.com

Kuliner menyegarkan yang satu ini berasal dari Betawi atau Jakarta, dan memang sudah sangat jarang ditemui. Namun di acara-acara tertentu seperti bulan puasa dan lebaran, masyarakat betawi asli masih suka menyajikan hidangan ini. Terbuat dari tepung beras atau tepung hunkwee, dan disiram dengan gula merah serta santan. Rasanya manis dan mengenyangkan.

7. Bubur Baro Baro

7 Kuliner Nusantara yang Cocok Banget untuk Menemani Buka Puasamusteemit.com

Kuliner ini berasal dari pulau Sulawesi, dan biasanya mudah ditemui di Makassar. Makanan ini disukai karena memiliki rasa yang gurih, namun mudah sekali membuatnya. Bubur Baro Baro biasanya memiliki isian bubur merah (terbuat dari tepung beras dicampur gula merah), dan santan kental. Mirip dengan Jenang Sengkolo di pulau Jawa.

Ketujuh kuliner nusantara di atas memiliki cita rasa manis yang cocok sekali menemani waktu berbuka puasa kamu. Dan pastinya sih membuat menu buka puasa kamu menjadi lebih bervariasi. Yuk coba cicipi!

Baca Juga: 5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait