6 Restoran di Sekitar Jalur Mudik Serang-Cilegon

  • Whatsapp
6 Restoran di Sekitar Jalur Mudik Serang-Cilegon
6 Restoran Di Sekitar Jalur Mudik Serang Cilegon

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Sate bandeng khas Banten ARBAIN RAMBEY

Mudik jadi salah satu tradisi masyakat Indonesia jelang hari raya Idul Fitri. Mengunjungi kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga tentunya akan menjadi momen yang dirindukan setiap tahunnya.

Muat Lebih

Momen mudik biasanya juga dimanfaatkan untuk berlibur sambil menikmati makanan khas daerah setempat. Bagi Anda yang telah merencanakan perjalanan mudik ke Kota Serang dan Banten yang berada di Provinsi Banten, kami memiliki 6 restoran rekomendasi untuk Anda.

Dikutip dari peta kuliner jalur lebaran pulau Jawa yang diterbitkan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bersama pihak-pihak terkait, 6 restoran ini layak Anda kunjungi saat dalam perjalanan menuju atau saat berada di Serang hingga Cilegon.

Cilegon

1. Ayam Bekakak

Ayam bekakak ini merupakan olahan ayam utuh yang dimasak dengan cara diungkep dengan racikan bumbu manis kemudian dibakar.

Anda dapat menemui menu ini di Restoran Ayam Bekakak yang terletak di Jalan Raya Kranggot, Jombang Wetan, Jombang, Kota Cilegon, Banten. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor 085966395910.

2. Nasi Gonjleng

Nasi gonjleng mirip dengan masakan nasi kebuli. Bumbu yang digunakan untuk memasak kedua jenis makanan ini sangat mirip dan sama-sama menghasilkan aroma pekak dan kapulaga. Nasi gonjleng biasanya dihidangkan dengan acar dan emping.

Anda dapat menemui menu nasi gonjleng ini di sebuah restoran yang beralamat di Jalan RA Kartini, Jombang Wetan, Banten. Restoran ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

3. Rumah Makan Bu Entin

Rumah makan Bu Entin menawarkan berbagai masakan khas Cilegon, berbagai menu ikan bakar, serta otak-otak yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Rumah makan Bu Entin berlokasi di Jalan Raya Serang-Pandeglang kilometer 5 Karundang, Cipocok Jaya, Serang, Banten. Rumah makan ini buka mulai puku 07.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Sate Bandeng. kuliner Khas Serang, Banten. https://pesona.travel© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Sate Bandeng. kuliner Khas Serang, Banten. https://pesona.travel
Serang

1. Sate Bandeng

Jika berkunjung ke Serang, sempatkan mencicipi olahan sate bandeng. Daging ikan dihancurkan, kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan sehingga bentuknya masih menyerupai ikan utuh kemudian dipanggang.

Anda dapat menemui menu ini di rumah makan Sampurna yang berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Cipare, Serang, Banten.

2. Nasi Sumsum

Nasi sumsum memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Biasanya nasi sunsum disajikan dengan alas piring bambu dan daun pisang. Irisan tomat segar dan mentimun, warna nasi yang kemerahan, dan aroma rempah yang kuat menjadi ciri khas nasi sunsum.

Anda dapat menemukan menu ini di restoran nasi sunsum Mang Puri yang terletak di Jalan Kapten Swardo nomor 15 B, Kotabaru, Serang, Banten.

3. Rabeg H. Naswi Magersari

Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi seteah sate bandeng. Menu ini berbahan dasar daging kambing yang mempunyai citarasa manis, gurih dan sedikit pedas.

Restoran rabeg H. Naswi Magersari ini terletak di Jalan Mayor Syafei nomor 30, Kotabaru, Serang, Banten. Restoran ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Penulis: Sherly Puspita

Editor: Wahyu Adityo Prodjo

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait