6 Kuliner legendaris dan maknyus di Solo, kelezatannya bikin kangen!

  • Whatsapp
6 Kuliner legendaris dan maknyus di Solo, kelezatannya bikin kangen!
6 Kuliner Legendaris Dan Maknyus Di Solo, Kelezatannya Bikin Kangen!

Elshinta.com – Solo tidak hanya kaya budaya, tetapi juga memiliki warisan kuliner yang beragam. Oleh karena itu, maka tak salah jika Kota Batik dianggap sebagai salah satu surganya kuliner di Tanah Air. Nah, bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Kota Solo, berikut rekomendasi tempat makan yang maknyus. Dijamin, kenikmatan kuliner di tempat-tempat ini bakal bikin Anda rindu untuk kembali!

1. Sate Kambing Bu Hj Bejo

Muat Lebih

Dirintis sejak tahun 1970-an, warung ini terkenal dengan olahan daging kambingnya yang lembut dan gurih. Selain menu sate, warung Bu Hj Bejo juga menyajikan tengkleng, gulai, buntel, dan nasi goreng kambing. Kenikmatan menu kambing di warung ini ternyata juga membuat Presiden Joko Widodo selalu menyempatkan untuk mampir apabila mudik ke Solo. Harga menu di warung ini per porsinya sekitar Rp45.000.

2. Dawet Telasih Bu Dermi

Dawet telasih Bu Dermi telah dijajakan sejak tahun 1930-an. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena pastinya bakal bikin Anda kangen. Untuk isiannya, es dawet ini memakai telasih, dawet hijau, bubur sumsum, dan ketan hitam. Semua campuran itu kemudian disiram dengan kuah santan yang manis dan gurih. Bayangkan betapa nikmatnya jika es ini disantap saat cuaca di Solo sedang panas-panasnya. Untuk harga, semangkuk es dawet telasih dibanderol sekitar Rp8.000 saja.

3. Selat Solo Mbak Lies

Bisa dikatakan, ini adalah salah satu menu wajib yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Solo. Terinspirasi salad yang merupakan makanan khas Eropa, selat Solo hadir dengan paduan rasa yang lebih bisa diterima lidah orang Jawa. Nah, warung Mbak Lies adalah tempat makan yang melegenda dengan sajian selat Solo-nya. Berdiri sejak tahun 1987, selat Solo di warung ini hanya dibanderol sekitar Rp16.000.

4. Serabi Notosuman

Cari oleh-oleh khas Solo yang enak? Bawa Serabi Notosuman saja! Berbeda dengan serabi khas Bandung yang tebal, serabi ini lebih tipis dan memiliki rasa santan yang kuat. Serabi Notosuman juga mempunyai tekstur yang lembut, sehingga ketika dimakan seperti lumer di mulut. Uniknya, serabi ini ternyata sudah dirintis sejak tahun 1923, dan beralamat di Jalan Mr. Moh. Yamin No. 28, Jeyengan, Solo. Untuk satu paket serabi isi 10, harganya mulai dari Rp23.000.

5. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Kuliner malam yang tidak boleh Anda lewatkan di Solo adalah Gudeg Bu Kasno. Uniknya, warung ini baru mulai buka dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB. Menu gudeg ceker pun menjadi andalan di warung sederhana Bu Kasno. Berbeda dengan gudeg Jogja yang cenderung manis, gudeg Bu Kasno memiliki rasa yang lebih gurih dan asin. Seporsi gudeg ceker biasanya dibanderol sekitar Rp21.000.

6. Timlo Sastro

Timlo Sastro (Sumber: timlosastrosolo.blogspot.com)

Kuliner legendaris ini telah buka sejak tahun 1952. Menu ini paling enak disantap saat cuaca di luar sedang dingin atau ketika Anda sedang tidak merasa fit. Semangkuk timlo umumnya berisi suwiran ayam, sosis solo goreng, mi, dan telur bebek pindang. Kemudian, semua isian itu disiram dengan kuah bening kaya rasa. Untuk satu mangkuk timlo komplit, harganya sekitar Rp20.000. Warung timlo ini beralamat di Pasar Gede Timur No. 1-2, Balong.

Siap liburan? Yuk, segera booking tiket pesawat ke Solo, hanya di Airy! Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tentu bisa melakukan pemesanan tiket kapan dan di mana saja. Informasi tentang tiket pesawat Batik Air juga tersaji lengkap dalam aplikasi.

Tak hanya itu. Airy juga menjamin segala transaksi di platform ini bukan penipuan. Jadi, Anda tidak perlu cemas saat melakukan pemesanan tiket. Tersedia juga layanan refund dan reschedule yang bisa Anda manfaatkan saat menemukan kendala tertentu.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait