5 Tips Menghindari Obrolan Julid Saat Puasa

  • Whatsapp
Foto: dok. Thinkstock





Foto: dok. Thinkstock

Jakarta – Saat puasa tak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. Namun ada beberapa larangan yang wajib diikuti, salah satunya adalah jangan julid. Julid dikonotasikan sebagai omongan yang menyindir dan mencela orang lain. Biasanya seseorang akan melontarkan julid ketika sedang bergosip.

Di bulan ramadhan ini, ada baiknya kita menghindari obrolan-obrolan julid yang malah mengurangi pahala berpuasa. Inila tips menghindari obrolan julid saat puasa ramadhan.

1. Memahami Esensi Puasa
Hal utama yang perlu diketahui adalah kesadaran akan makna puasa itu sendiri. Esensi puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, namun mampu menahan segala hawa nafsu yang tidak baik, termasuk julid. Hindari kata-kata cela atau menghina orang lain yang bisa menyakiti hati seseorang.

2. Unfollow Akun Gosip
Hindari melihat atau menonton gosip. Hal inilah yang membuat tanpa sadar kamu jadi julid. Selama bulan puasa, ada baiknya kamu unfollow dulu akun-akun gosip di Instagram. Hal ini untuk menghindari dari lontaran julid yang tanpa sadar bisa saja kamu ucapkan.

3. Mengontrol Diri
Selain itu, dari diri kamu sendiri yang perlu mengontrol diri. Kamu bisa mengontrol diri dengan menjaga ucapan. Ingat kembali bahwa membicarakan orang lain atau berjulid tidak ada faedahnya. Cara mengontrol diri lainnya adalah dengan selektif dalam melihat informasi di TV atau Internet.

4. Alihkan Pembicaraan Jika Terjebak Obrolan Julid
Waspada jika bertemu teman lama dalam acara buka puasa, bisa jadi malah jadi ajang julid. Wanita kadang sulit mengontrol kata-katanya jika sudah bertemu teman. Jika pembicaraan sudah mengarah bergosip, sebaiknya segera mengalihkan topik pembicaraan yang lebih positif.

5. Kegiatan Bermanfaat
Cari kegiatan yang lebih bermanfaat pada bulan ramadhan. Seperti memperbanyak salat sunah, mengaji atau menggalang dana untuk sedekah. Menyibukkan diri dengan kegiatan positif akan menghindarimu dari godaan setan untuk berjulid.
(kik/kik)


Source link

Loading...

Pos terkait