5 Kuliner Ala Maroko yang Cocok Dijadikan Takjil, Yummy!

  • Whatsapp

Maroko merupakan salah satu negara di Benua Afrika dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Selain itu, kebudayaan di negara ini dipengaruhi oleh bangsa Eropa, Arab dan Berber sehingga memberikan keunikan tersendiri, termasuk dalam kekayaan kulinernya.

Penasaran seperti apa kuliner khas Maroko atau kamu sedang mencari referensi untuk takjil di bulan Ramadan? Yuk, simak uniknya kuliner khas Maroko berikut!

1. Baklava

instagram.com/mardinbaklava

Bagi kamu penyuka kuliner khas Timur Tengah tentu tidak asing dengan Baklava. Kue satu ini bukan hanya dikenal berasal dari Turki, tapi juga dari Maroko. Bahkan, mudah kamu bisa menemukannya di beberapa rumah makan khas Timur Tengah di Indonesia.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri pun sudah banyak bahan-bahannya yang dijual dalam satu paket. Cara membuatnya cukup mudah yakni kamu perlu adonan filo untuk diisi. Adonan filo ini bisa kamu buat sendiri atau membelinya di toko bahan kue terdekat.

Sedangkan untuk isian, kamu bisa mencampurkan cengkeh, gula, garam, kacang almond, kayu manis, kenari, kacang mete yang telah dihaluskan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan madu. Setelah adonan filo diisi, kemudian panggang hingga berwarna kecoklatan. Kamu pun bisa memberikan taburan kacang pistachio yang telah dihaluskan.

2. Chebakia

5 Kuliner Ala Maroko yang Cocok Dijadikan Takjil, Yummy!ramadanrecepten.nl

Kue satu ini juga biasa disebut mkhark atau griwech dan masyarakat Maroko biasa menyajikannya ketika berbuka puasa. Chebakia dikenal sebagai salah satu kue terlezat Maroko. Kue ini memiliki rasa yang manis dan biasanya dihidangkan bersama Harira, sup tomat khas Maroko.

Jika kamu juga ingin menyajikannya sebagai salah satu takjil, cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan ragi, kunyit, gula, mentega dan tepung dengan air hangat.

Setelah menjadi adonan, diamkan selama 30 menit. Kemudian buat adonan tersebut menjadi tipis-tipis dan potong kotak. Setelah itu kamu bisa berkreasi untuk memberikan bentuk sesuai selera. Lalu, goreng hingga kecokelatan dan taburi wijen.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus ke Maroko Setidaknya Sekali dalam Seumur Hidup

3. Riz bi haleeb

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Kuliner Ala Maroko yang Cocok Dijadikan Takjil, Yummy!terroirsduliban.com

Buat kamu ingin takjil yang berbeda dari biasanya, bisa coba membuat bubur nasi khas Maroko yaitu Riz bi haleeb. Kamu pun bisa berkreasi sesuai selera untuk toppingnya. Dahulu, bubur ini dihidangkan sebagai obat dan untuk orang sakit serta kurang gizi.

Pembuatan bubur ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab harus merendam nasi gandum selama 4 jam. Kemudian ditambahkan susu panas dan masak di atas api kecil. Setelah itu, tambahkan gula, air bunga jeruk, dan damar wangi untuk memberikan cita rasa khasnya. Kamu pun bisa memberi taburan kacang-kacangan sebelum akhirnya dihidangkan.

4. Maamoul

5 Kuliner Ala Maroko yang Cocok Dijadikan Takjil, Yummy!marthastewart.com

Cara membuatnya cukup mudah yaitu hanya dengan membuat adonan dari tepung semolina, mentega, gula, air mawar, air bunga jeruk, dan ragi. Tepung semolina merupakan tepung dari jenis gandum, durum wheat, dengan tekstur agak kasar dan kenyal. Kamu juga bisa menggantinya dengan tepung terigu dan mengabaikan air mawar serta air bunga jeruk.

Sedangkan untuk isian, kamu bisa menggunakan sari kurma atau kacang-kacangan yang telah dihancurkan. Kemudian dioven sampai agak menguning jika isiannya berupa sari kurma. Sedangkan untuk isian berupa kacang-kacangan, biarkan hingga kecoklatan.

5. Briouat

5 Kuliner Ala Maroko yang Cocok Dijadikan Takjil, Yummy!sbs.com.au

Satu lagi nih kue tradisional khas Maroko yang ada di menu buka puasa yaitu briouat. Jika di Indonesia mirip seperti lumpia, namun ada yang berasa manis. Cara pembuatannya pun hampir sama, hanya variasi isian dan bumbu khasnya yang berbeda.

Orang Maroko sering menggunakan adonan filo dalam pembuatan kue, termasuk pembuatan briouat. Adonan filo digunakan untuk membungkus isian yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Kamu bisa mengisinya dengan sea food, daging ayam, domba dan bihun yang telah dibumbui dengan rempah-rempah. Selain itu, jika suka yang manis bisa menggantinya dengan pasta almond.

Kuliner khas Maroko memiliki rasa, variasi dan cara penyajian yang dipengaruhi oleh berbagai daerah seperti Arab, Mediterania dan Eropa. Sehingga tidak heran jika banyak menggunakan rempah-rempah di setiap masakannya. Sedangkan beberapa jenis makanannya hampir seperti kuliner khas Eropa, termasuk dalam penyajiannya.

Setelah kamu mengetahui kuliner khas Maroko di atas, apa tertarik untuk mencobanya di rumah?

Baca Juga: Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait