5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosip

  • Whatsapp


Kebiasaan bergosip menjadi hal yang sulit diubah. Pasalnya menurut mereka bergosip sangat mengasyikkan. Karena mereka bisa bebas membicarakan keburukan maupun kebaikan orang lain. Namun, kebanyakan orang lebih senang membahas tentang kejelekan orang lain. Hal semacam itu tentu termasuk perbuatan yang tidak baik.

Lantas obrolan seperti apa yang bisa kamu bicarakan dengan teman maupun orang lain? Banyak sekali topik yang bisa kamu ambil sangat ingin mengobrol dengan teman tanpa harus bergosip tentang keburukan orang lain. Memang terkadang bergosip bisa mempererat kedekatan.

Namun, alangkah baiknya jika kamu bisa mengubah gosip dengan 5 hal berikut yang dapat kamu jadikan bahan percakapan dengan orang lain.

1. Kamu bisa membicarakan tentang kegemaran masing-masing

pexels.com/Pixabay

Ceritakan saja tentang hobi yang kamu miliki saat ingin memulai obrolan dengan teman maupun dengan orang lain. Tentu dia akan mengikuti arah pembicaraanmu dengan ikut menceritakan hobinya.

Menjadi keuntungan tersendiri jika ternyata kalian memiliki hobi yang sama. Kalian menjadi lebih mudah bertukar pikiran tentang hobi tersebut dan bisa berbagi informasi barang kali suatu saat nanti ada acara yang berkaitan dengan hobi tersebut.

2. Daripada bergosip, membicarakan tentang karier akan lebih bermanfaat

5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosippexels.com/mentatdgt

Jika kamu sedang merintis suatu usaha, kamu bisa sharing dengan orang lain agar mendapat pengetahuan baru untuk mengembangkan usaha tersebut. Bisa saja kamu membangun kerja sama dengan orang tersebut saat mengetahui usaha yang kalian lakukan bergerak di bidang yang sama. Dengan begitu, usahamu bisa semakin berkembang. Lebih bermanfaat bukan membicarakan usaha daripada bergosip?

Baca Juga: 5 Cara Bersikap Menghadapi Orang yang Senang Gosipin Kamu

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Membicarakan tentang pengalaman yang kamu miliki juga tidak ada salahnya

5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosippexels.com/Buro Millennial

Tak ada salahnya jika kamu membuka obrolan dengan bercerita tentang pengalaman masa lalu. Entah pengalamanmu yang pernah mengikuti suatu perlombaan, pengalaman pernah bekerja di suatu perusahaan, atau pengalaman positif lainnya. Dengan bertukar pengalaman kalian bisa saling menambah pengetahuan dan saling mengajarkan hal yang sekiranya belum dimengerti.

4. Berbagi cerita tentang kesehatan

5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosippexels.com/Mircea Iancu

Berbagi cerita tentang kesehatan dengan orang lain lebih bermanfaat daripada harus bergosip. Dengan begitu kamu akan bertambah pengetahuan tentang kesehatan yang bisa membuatmu semakin giat menjaga kesehatan. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapat solusi jika memiliki masalah kesehatan.

5. Jika kamu memiliki selera humor yang tinggi, tak ada salahnya kamu mengangkat topik tentang humor

5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosippexels.com/Elle Hughes

Berbicara tentang humor bisa kamu terapkan saat bingung menentukan topik obrolan. Hal ini lebih baik kamu lakukan daripada bergosip membicarakan keburukan orang. Memilih topik humor dalam sebuah percakapan juga memiliki manfaat untuk menghilangkan stres sehingga pikiranmu akan kembali segar.

Itulah 5 bahan percakapan yang bisa kamu terapkan saat mengobrol dengan orang lain ataupun teman. Mulai sekarang kurang-kurangi bergosip ya, sebab bergosip memiliki dampak yang buruk untukmu, salah satunya menjadi orang yang sulit dipercaya.

Baca Juga: 5 Alasan Berhenti Bergosip Bisa Bikin Kamu Bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.





Source link

Pos terkait