5 Cara Mudah Buat Alpukat Cepat Matang

  • Whatsapp
5 Cara Mudah Buat Alpukat Cepat Matang
5 Cara Mudah Buat Alpukat Cepat Matang

© Mantapps.com
Alpukat.
Siapa yang tak suka dengan alpukat? Buah yang satu ini dikenal sangat lezat dan mengandung banyak manfaat. Terutama, bagi mereka yang tengah menjalani diet.

Muat Lebih

Namun, mencari alpukat yang benar-benar matang di pasar, kadang jadi tantangan tersendiri. Banyak alpukat yang dijual justru belum matang. Sebab itu, butuh kesabaran untuk menunggunya matang.

Tetapi, ada cara mudah membuat alpukat cepat matang. Seperti dilansir dari Health24, Selasa 23 April 2019, berikut ini tipsnya.

1. Simpan alpukat di dekat pisang

Jika berbelanja alpukat, belilah beberapa pisang juga. Menurut ahli diet berlisensi, Maggie Michalczyk, pisang menghasilkan etilen, gas yang membantu memicu proses pematangan. Letakkan alpukat di mangkuk buah dekat pisang untuk mematangkannya lebih cepat.

2. Masukkan alpukat ke dalam kantong kertas

Menyimpan alpukat di dalam kantong kertas akan membantu mempercepat proses pematangan dan alpukat akan matang dalam waktu empat hari. Tetapi, untuk benar-benar mempercepatnya, simpan alpukat di kantong kertas bersama dengan apel, sehingga gas yang membantu proses pematangan terperangkap di dalamnya.

Apel mengandung gas etilen yang sama dengan pisang. Jadi, menyimpan alpukat dan apel di dalam kantong kertas akan membuat alpukat matang dalam waktu satu hingga tiga hari.

3. Panaskan alpukat dalam oven

Cara ini hanya berfungsi, jika alpukat belum berwarna hijau tua. Untuk mencoba teknik ini, bungkus alpukat dengan erat dalam kertas aluminium. Panggang sekitar 100 derajat Celsius selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, taruh di lemari es agar dingin.

4. Letakkan alpukat dekat sinar matahari

Jangan biarkan alpukat Anda hangus di bawah sinar matahari jika sangat panas. Tetapi, meletakkannya di meja dekat sinar matahari bisa menjadi cara yang bagus untuk membuatnya matang dengan cepat. Temperatur yang lebih hangat membantu mempercepat proses pematangan.

5. Rendam alpukat dalam beras

Ambil mangkuk dan tuang beras di dalamnya. Lalu, letakkan alpukat di dalam mangkuk. Alpukat juga menghasilkan gas etilen sendiri juga. Menutupi alpukat dengan beras akan menjebak gas pematangan dan mempercepat prosesnya. (asp)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait