3 Instalasi Seni Ini Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

  • Whatsapp
3 Instalasi Seni Ini Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan | iNews Portal
3 Instalasi Seni Ini Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan | Inews Portal

JAKARTA, Mantapps.com – Banyak cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli lagi pada lingkungan, termasuk dengan karya seni. Seorang desainer, Hendro Hadinata menciptakan itu melalui tiga instalasi seni yang ditampilkan di Senayan City, Jakarta.

Tiga instalasi seni ini berupa Badak Jawa, Harimau Sumatera, dan Hiu Paus. Ketiga instalasi tersebut hadir dipajang di beberapa titik di curated multibrand pop up store yang digagas Fashion Week, Fashionlink x #BLCKVNUE di lantai dua Senayan City.

Muat Lebih

“Proyek ini saya namakan NUR Project, sebuah art installation Project dengan tujuan mengikis ketidakpedulian atau kurangnya rasa ingin tahu masyarakat terhadap fauna yang terancam punah,” kata Hendro Hadinata saat konferensi pers peluncuran program ‘Fashion Habitat’ di Fashionlink x #BLCKVNUE, Senayan City, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dia mengatakan, untuk ketiga karya seninya tersebut dibuat selama lima bulan, dengan waktu pengerjaan mendesain selama dua bulan dan tiga bulan sisanya mewujudkan desain tersebut bersama Savana Furniture.

Seperti namanya, Hendro berharap NUR Project tersebut dapat menjadi cahaya yang menyentuh hati masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa beberapa material untuk pengerjaan tiga instalasi tersebut menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

“Kalau diperhatikan, setiap instalasi punya karakter yang sama. Bentuk mata yang memicing, dari sini ada ekspresi kekhawatiran dan kepasrahan (akan kepunahan) sebenarnya. Jadi, semua instalasi yang aku desain akan membawa ekspresi itu nantinya,” kata Hendro.

Sementara itu, Director Jakarta Fashion Week Lenni Tedja mengatakan, program ‘Fashion Habitat’ ini tak sekadar memajang instalasi seni tiga hewan yang hampir punah tersebut. Tetapi ada bentuk lain berupa donasi yang akan disumbangkan untuk konservasi satwa.

“Sebagai langkah nyatanya, kami akan mendonasikan Rp20.000 per transaksi yang dilakukan di Fashionlink x #BLCKVNUE selama periode program ini,” kata Lenni di kesempatan yang sama.

Program ini juga didukung pihak WWF Indonesia yang menggabungkan antara industri kreatif dan konservasi.

“Diharapkan ini dapat meningkatkan kesadaran pelaku industri dan peminat produk industri kreatif akan penerapan praktik bisnis yang berkelanjutan di Indonesia,” tutur Direktur Kemitraan WWF Indonesia Ade Swargo Mulyo yang turut hadir dalam acara ini.

Editor : Tuty Ocktaviany

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait