15 Jajanan Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicicipi

  • Whatsapp
15 Jajanan Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicicipi
15 Jajanan Kuliner Khas Bandung Yang Wajib Dicicipi

Merdeka.com – Berencana traveling ke Bandung? Jangan lupa mencicipi kuliner khasnya. Kota Bandung punya beragam kuliner seru. Wajib dicoba jika sedang mampir ke sana.

Apa saja kuliner Bandung yang enak dan layak jajal? Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.

Muat Lebih

Loading...

Yogurt

Salah satu kuliner yang wajib dicicipi di Bandung adalah yogurt. Coba mampir ke Cisangkuy dan coba yogurtnya yang legendaris itu. Ada yang smoothies atau disajikan dengan topping jus buah asli. Rasanya dijamin beda dengan yogurt yang biasa kamu beli.

Batagor

Baso Tahu Goreng alias batagor juga termasuk jajanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bandung. Olahan batagor di kota asalnya ini berukuran cukup besar dan terbuat dari campuran daging ikan. Ada juga batagor yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Baso Tahu

Warga luar Bandung mungkin familiar dengan siomay Bandung. Tetapi di sana makanan ini lebih sering disebut baso tahu. Biasanya sepiring terdiri dari tahu kukus, siomay, bakso ikan, kol kukus, telur rebus, dan pare kukus. Disajikan dengan sambal kacang dan perasan jeruk nipis.

Bubur Ayam

Bubur ayam termasuk salah satu menu sarapan yang populer di Bandung. Tetapi makanan ini juga bisa ditemukan sepanjang hari, kok. Bubur ayam khas Bandung biasanya kental dan gurih, karena dimasak dengan kaldu. Kemudian disajikan bersama ayam suwir, kedelai goreng, bawang goreng, seledri, dan kuah khusus. Disantap bersama sambal, kecap, dan kerupuk bawang.

Lumpia Basah

Lumpia basah di Bandung bentuknya tidak terlalu berbeda dengan lumpia basah di Yogyakarta dan Semarang. Hanya saja lumpia tidak dilipat seperti amplop. Isinya dominan tauge dan telur. Sementara rasanya cenderung gurih daripada manis.

Tahu Susu

Tahu Bandung terkenal karena teksturnya yang lembut. Beda dengan tahu di kota lain. Apa lagi tahu susu khas Lembang yang memang enak banget. Kalau digoreng, jadinya seperti meleleh di mulut saat disantap.

Seblak

Perpaduan kuah pedas dan kerupuk basah yang terasa kenyal saat digigit menjadikan seblak jajanan favorit anak muda Bandung. Seblak biasanya disantap dengan berbagai topping, mulai dari ceker rebus sampai dorokdok alias kerupuk kulit sapi.

Roti Bakar

Mau roti susu bakar atau roti bakar homemade Gempol? Dua-duanya sama-sama enak. Ada yang manis dengan beragam jenis selai atau roti bakar asin dengan isi keju dan daging asap. Biasanya jenis roti yang bis dipilih pun beragam.

Bolen

Kue yang satu ini biasanya populer menjadi oleh-oleh. Paduan pastry legit dan pisang bersalut rasa margarin yang khas menjadikan rasanya istimewa. Juga cukup tahan lama jika dibawa bepergian jauh.

Cilok

Aci dicolok alias cilok, jajanan ringan yang biasa ditemui di pinggir-pinggir jalan Bandung. Terbuat dari tepung kanji yang dibumbui. Ada juga yang bagian dalamnya diisi dengan abon, daging, atau cabai rawit.

Es Cendol

Ada es cendol yang legendaris di Bandung. Namanya Es Cendol Elizabeth. Es cendol yang satu ini sudah menjadi kuliner favorit sejak tahun 1972. Biasanya disajikan bersama potongan buah nangka.

Mie Kocok

Kalau kepingin mencicipi kuliner mi yang berbeda, coba mie kocok Bandung. Berupa mi rebus yang disajikan dengan kuah kaldu, kikil, potongan daging, bawang goreng, dan irisan halus seledri.

Audi Budiman/Instagram/kulinerbandung

Comro

Singkatan dari kata oncom di jero, jajanan ini terbuat dari parutan singkong yang dikepal. Isinya adalah oncom yang dimasak gurih. Harganya pun sangat murah, cuma Rp2.000.

Nasi Cikur

Sebenarnya nasi cikur adalah makanan khas Sunda yang disebut-sebut kuliner Tasikmalaya. Namun makanan bercita rasa unik ini juga banyak ditemui di Bandung.

Nasi cikur adalah nasi putih yang digoreng bersama cikur atau kencur muda. Rasanya sangat unik. Biasanya disajikan dengan ayam atau ikan, sambal, lalapan, dan tahu atau telur.

Bakso Cuanki

Katanya cuanki adalah singkatan dari cari uang jalan kaki. Pasalnya dulu pedagang cuanki selalu menjajakan bakso dengan cara dipikul.

Semangkuk bakso cuanki memiliki isian yang beragam, yaitu bakso, siomay kukus, siomay goreng, dan tahu. Kemudian diguyur dengan kuah kaldu gurih.

Demikian aneka kuliner Bandung yang wajib dicicipi jika mampir ke kota tersebut. [tsr]

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait