Usai Gambarkan Netanyahu Jadi Anjing, Koran AS Setop Terbitkan Kartun

  • Whatsapp
Usai Gambarkan Netanyahu Jadi Anjing, Koran AS Setop Terbitkan Kartun
Usai Gambarkan Netanyahu Jadi Anjing, Koran As Setop Terbitkan Kartun

Media ternama Amerika Serikat, The New York Times (NYT), menyatakan berhenti menayangkan karikatur di edisi internasional mereka. Langkah ini dilakukan menyusul protes kartun Benjamin Netanyahu yang digambarkan sebagai anjing.

Muat Lebih

Diberitakan AFP, Selasa (11/6), sebelumnya NYT diprotes oleh umat Yahudi karena karikatur tersebut dianggap anti-Semit. Bahkan Duta Besar Israel untuk AS menyamakan karikatur itu dengan propaganda Nazi dalam tabloid Der Sturmer pada tahun 1920-an.

Pada karikatur NYT itu, Netanyahu digambarkan sebagai anjing bertubuh panjang. Dia memakai kalung Bintang Daud, simbol keramat agama Yahudi.

Sementara yang menuntun anjing itu adalah Donald Trump. Presiden AS itu digambarkan sebagai Yahudi buta dengan kacamata dan berpeci kippah.

Penerbit NYT A.G. Sulzberger sebelumnya pada Mei lalu mengatakan, editor yang menerbitkan kartun Netanyahu itu didisplinkan. NYT juga telah meminta maaf kepada umat Yahudi atas kartun tersebut.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkDalam pernyataannya pekan ini, NYT menyatakan berhenti menayangkan karikatur politik di koran mereka per 1 Juli mendatang. Editor NYT, James Bennet, mengatakan penghentian karikatur memang telah direncanakan sejak setahun yang lalu.

Namun Patrick Chappatte, salah satu kartunis senior NYT, mengatakan penghentikan karikatur dilakukan setelah protes kartun Netanyahu. Chappatte menyayangkan hal tersebut. Menurut dia, media saat ini mudah menyerah di bawah tekanan politik dan kritikan dari massa di sosial media.

“Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa kartunis terbaik kehilangan posisi karena penerbit menganggap karya mereka terlalu kritis terhadap Trump. Mungkin kita harus mulai khawatir,” kata Chappatte.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait