Usai Beli Senjata dari AS, Presiden Taiwan Kunjungi New York

  • Whatsapp
Usai Beli Senjata dari AS, Presiden Taiwan Kunjungi New York
Usai Beli Senjata Dari As, Presiden Taiwan Kunjungi New York

Presiden Taiwan Tsai IngWen berangkat ke Amerika Serikat, Kamis (11/7). Perjalanannya itu kembali membuat China marah, setelah sebelumnya China dibikin geram karena Taiwan membeli senjata dari AS.

Pemerintah China memandang Taiwan sebagai provinsi yang membandel. Untuk itu, China meminta AS untuk tidak mengizinkan Tsai transit di sana dalam turnya ke berapa negara.

Muat Lebih

Tak mengindahkan kemarahan negara tirai bambu, Tsai tetap berangkat dan akan menghabiskan 4 malam di AS. Selama kunjungannya, Tsai juga akan mengunjungi New York dan kota terakhir yang dikunjunginya adalah Denver.

Di Bandara Internasional Utama Taipei di Taoyuan, Tsai mengatakan dia akan berbagi nilai-nilai kebebasan dan transparansi dengan sekutu Taiwan. Dia berharap dalam perjalanannya kali ini akan menemukan lebih banyak kawan untuk Taiwan.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

“Demokrasi kita tidak datang dengan mudah, dan sekarang kita menghadapi ancaman dan infiltrasi dari kekuatan luar negeri,” kata Tsai, dilansir dari Aljazeera, Kamis (11/7).

“Tantangan-tantangan ini juga merupakan tantangan umum yang dihadapi oleh negara-negara demokrasi di seluruh dunia. Kami akan bekerja dengan negara-negara dengan gagasan serupa untuk memastikan stabilitas sistem demokrasi,” ujarnya.

Tsai berulang kali menyerukan dukungan internasional untuk membela Taiwan dalam menghadapi ancaman China.

Ia juga berupaya meningkatkan pertahanan Taiwan dengan cara membeli senjata dari AS senilai USD 2.2 miliar atau setara dengan Rp 31 triliun.

Kesepakatan antara AS dan Taiwan menjadi salah satu langkah besar untuk Taiwan. Sebaliknya, kesepakatan itu memperburuk hubungan antara AS dan China.

Meski begitu, Departemen Luar Negeri AS menegaskan posisinya tidak berubah dalam kebijakan satu China. Washington hanya mengakui China dan tidak mengakui Taiwan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait