Putin dan Paus Bertemu di Vatikan Bahas Situs Kristen di Suriah

  • Whatsapp
Putin dan Paus Bertemu di Vatikan Bahas Situs Kristen di Suriah
Putin Dan Paus Bertemu Di Vatikan Bahas Situs Kristen Di Suriah

Presiden Rusia Vladimir Putin menemui pemimpin Umat Katolik Paus Fransiskus. Putin dan Fransiskus membicarakan situs bersejarah umat Nasrani di Suriah yang berada dalam ancaman.

Putin ada di Vatikan dalam rangkaian kunjungannya ke Italia. Tiba pada Kamis (4/7), sebelum bertemu pejabat tinggi Italia, Putin terlebih dulu menemui Paus.

Muat Lebih

Loading...

“Paus dan Putin mendiskusikan beberapa hal termasuk pelestarian situs suci umat Nasrani di Suriah,” sebut pernyataan resmi Kremlin seperti dikutip dari AFP, Jumat (5/7).

Terdapat beberapa gereja atau situs bersejarah umat Nasrani di Suriah, khususnya di ibu kota Damaskus. Keberadaan situs-situs seperti gereja dan kapel terancam akibat perang saudara Suriah yang tak kunjung usai.

Terkait apakah Putin mengundang Paus ke Rusia, Penasihat Kremlin Yuri Ushakov menyebut hal tersebut tidak masuk ke dalam agenda pembicaraan.

Pertemuan Putin dan Paus Fransiskus pertama kali digelar pada 2013. Kali itu, mereka membicarakan upaya rekonsiliasi antara Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks Rusia.

Setelah bertemu Paus, Putin langsung menemui Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Giuseppe Conte. Topik seperti hubungan Rusia-Uni Eropa, situasi di Suriah, Ukraina, Libya dan Iran dibahas mereka.

Italia merupakan negara yang mendukung Uni Eropa merevisi sanksi terhadap Rusia. Saat ini, Rusia dan Uni Eropa terlibat perseteruan yang berujung dijatuhkannya sanksi kepada Negeri Beruang Merah.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait