Pohon Simbol Persahabatan Trump dan Macron Mati, Pertanda Apa?

  • Whatsapp
Pohon Simbol Persahabatan Trump dan Macron Mati, Pertanda Apa?
Pohon Simbol Persahabatan Trump Dan Macron Mati, Pertanda Apa?

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron sempat bertemu dan menyatakan persahabatan di Gedung Putih, Washington DC, tahun lalu. Sebagai simbol persahabatan, keduanya menanam sebuah pohon ek. Tapi, pohon ek itu dilaporkan kini sudah mati.

Muat Lebih

Loading...

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkBibit pohon ek tersebut sengaja dibawa oleh Macron dalam kunjungannya ke AS. Bukan pohon ek sembarangan, tapi yang diambil langsung dari hutan utara Prancis tempat gugurnya 2.000 marinir AS pada Perang Dunia I.

“100 tahun lalu, tentara Amerika bertempur di Prancis, di Belleau untuk mempertahankan kebebasan kita. Pohon ek ini (hadiah untuk @realDonaldTrump) akan jadi pengingat di Gedung Putih akan jalinan yang mengikat kita,” tulis Macron di Twitter ketika itu.

Trump dan Macron bersama-sama menggali lubang untuk menanam pohon itu di pekarangan belakang Gedung Putih. Namun menurut AFP, pohon tersebut kini sudah mati.

Pertanda apa ini? Apakah berarti persahabatan Trump dan Macron juga mulai mati?

Hubungan Macron dan Trump memang memburuk usai pertemuan itu. Keduanya berselisih soal banyak hal, mulai soal nuklir Iran, perdagangan, hingga kebijakan iklim.

Tapi tidak, matinya pohon ek tidak ada hubungannya dengan retaknya persahabatan kedua pria tersebut.

Trump bergandengan tangan dengan Macron. Foto: AFP/Ludovic Marin© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Trump bergandengan tangan dengan Macron. Foto: AFP/Ludovic Marin

Menurut AFP, beberapa hari setelah ditanam oleh Trump dan Macron pohon itu dicabut lagi dan dikarantina. Ini adalah prosedur normal untuk benda hidup yang dikirim dari luar negeri.

“Karantina adalah wajib bagi organisme hidup yang diimpor ke AS,” kata Gerard Araud, Dubes Prancis untuk AS kala itu.

Araud mengatakan, pohon itu akan ditanam lagi di tempat yang sama. Namun sumber diplomatik kepada AFP mengatakan, pohon ek itu tidak pernah ditanam lagi. Ternyata, pohon itu mati saat dikarantina.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait