Pemerintah Turki Musnahkan 301 Ribu Buku Terkait Gulen

  • Whatsapp
Pemerintah Turki Musnahkan 301 Ribu Buku Terkait Gulen
Pemerintah Turki Musnahkan 301 Ribu Buku Terkait Gulen

Turki telah menarik dan menghancurkan sebanyak 301.878 buku dari sekolah-sekolah dan perpustakaan. Menteri Pendidikan, Ziya Selcuk, buku-buku tersebut dimusnahkan karena berkaitan dengan Fethullah Gulen.

Fethullah Gulen adalah ulama karismatik dan berpengaruh di Turki. Dia dituduh menjadi dalang dari kudeta militer pada 2016. Namun, Gulen membantah tuduhan tersebut.

Muat Lebih

Loading...

Pada 2016, sebuah buku matematika dilarang karena menampilkan inisial Gulen, yakni FG, dalam sebuah soal pertanyaan. Lalu, sebanyak 1,8 juta buku pelajaran dihancurkan dan dicetak ulang karena menjelaskan tempat tinggal Gulen.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Tidak hanya buku-buku saja yang dihancurkan. Sejak 2016, sebanyak 200 outlet media telah ditutup, 29 penerbit ditutup, 80 penulis diinvestigasi, serta 5.822 akademisi dari 118 universitas negeri dipecat.

“Hanya dalam tiga tahun, penerbit di Turki telah hancur, 29 penerbit ditutup dengan alasan menyebarkan propaganda teroris,” kata organisasi internasional untuk penulis, PEN International dan PEN English, lewat pernyataan tertulis, dilansir The Guardian, Selasa (7/8).

Data dari PEN English menunjukkan bahwa setelah keadaan darurat dan percobaan kudeta gagal di 2016, Turki mengalami gejala krisis kebebasan berekspresi.

“Pemerintah telah secara dramatis meningkatkan pengaruhnya terhadap media dan penerbitan, mereka membungkam suara-suara kritis,” ujar PEN.

“Kami menyerukan pihak-pihak berwenang Turki untuk membuka kembali rumah-rumah penerbitan yang independen, untuk menghentikan tindakan keras mereka terhadp kebebasan berekspresi, yang hingga kini dibatasi” kata PEN.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait