Nepal Tak Izinkan Perayaan Ulang Tahun Dalai Lama

  • Whatsapp
Nepal Tak Izinkan Perayaan Ulang Tahun Dalai Lama
Nepal Tak Izinkan Perayaan Ulang Tahun Dalai Lama

Kathmandu: Perayaan ulang tahun Dalai Lama di Nepal pada Minggu 7 Juli kemarin terpaksa dibatalkan karena pemerintah tak memberikan izin untuk acara tersebut.

“Izin tidak dikeluarkan karena mungkin ada masalah isu keamanan,” kata Asisten Kepala Distrik di Kathmandu, Khrisna Bahadur Katuwal, dikutip dari Channel News Asia, Senin 8 Juli 2019.

Muat Lebih

Loading...

Sementara itu, lokasi komunitas-komunitas Tibet di wilayah Nepal dijaga lebih ketat oleh petugas keamanan, termasuk dekat kuil yang akan menjadi tempat peringatan ulang tahun Dalai Lama.

“Sudah banyak persiapan, tapi kami tidak mendapat izin. Pemerintah Nepal sekarang semakin ketat,” ujar salah satu panitia ulang tahun Dalai Lama.

Meski dilarang, para pemuja Dalai Lama ini mengaku akan merayakan ulang tahunnya di rumah masing-masing secara privat.

Nepal yang berbatasan dengan Tiongkok dan terletak di pegunungan Himalaya ini merupakan tempat mengungsi sekitar 20 ribu warga Tibet. Mereka mengungsi karena merasa mendapat perlakuan keras dari pemerintah terkait aktivitas mereka.

Pada 10 Maret 1959, ribuan warga mengungsi melewati perbatasan Nepal setelah aksi melawan Tiongkok. Peristiwa ini juga membuat Dalai Lama diusir.

Sempat bebas mengekspresikan kepercayaan dan tradisi, kini pemerintah Nepal mulai mengekang para pengungsi Tibet, karena pemerintah telah berkomitmen terhadap Kebijakan Satu Tiongkok.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait