Maskapai Qantas Hindari Wilayah Udara Iran

  • Whatsapp
Maskapai Qantas Hindari Wilayah Udara Iran
Maskapai Qantas Hindari Wilayah Udara Iran

Mantapps.com, CANBERRA — Maskapai penerbangan nasional Australia, Qantas, dilaporkan akan mengubah rute atau jalur penerbangan guna menghindari wilayah udara Iran. Hal itu dilakukan setelah Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) melarang maskapai-maskapai di AS melintasi wilayah Teheran. 

Muat Lebih

© Disediakan oleh PT Republika Media Mandiri
Maskapai Qantas

Dilaporkan laman the Sydney Morning Herald, Jumat (21/6), seorang juru bicara Qantas mengonformasi kabar tersebut. “(Qantas) menyesuaikan jalur penerbangan di Timur Tengah untuk menghindari Selat Hormuz dan Teluk Oman sampai pemberitahuan lebih lanjut,” katanya. 

Pesawat Qantas dengan rute dari dan ke London, Inggris, baik penerbangan langsung maupun transit di Singapura, sering melewati wilayah udara Iran. Maskapai tersebut juga kerap melintasi Irak sebagai jalur alternatif melalui wilayah Teluk. 

Pada Kamis (20/6) lalu, FAA telah melarang maskapai AS terbang di wilayah udara yang dikendalikan Iran di atas Selat Hormuz dan Teluk Oman. Larangan dirilis setelah pesawat nirawak atau drone milik AS ditembak jatuh di kawasan tersebut. 

FAA mengaku mencemaskan insiden penembakan drone AS oleh Iran. “Ada banyak pesawat penerbangan sipil yang beroperasi di daerah itu pada saat penembakan,” kata FAA.

FAA mengatakan pihaknya prihatin dengan meningkatnya ketegangan di kawasan dan aktivitas militer dalam jarak yang dekat dengan rute pesawat sipil. Ia pun mengkhawatirkan tindakan Iran meluncurkan rudal jarak jauh di wilayah udara internasional dengan sedikit atau tanpa peringatan sama sekali. 

Pasukan Garda Revolusi Iran dilaporkan telah menembak jatuh drone RQ-4 Global Hawk milik AS yang melintasi wilayah udaranya. Hal itu dikonfirmasi seorang pejabat AS. Kendati demikian, AS mengklaim bahwa pesawat nirawaknya tak memasuki wilayah udara Iran, tapi mengudara di zona internasional. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait