Ketika Lebaran di New York Serasa seperti Kampung Halaman…

  • Whatsapp
Ketika Lebaran di New York Serasa seperti Kampung Halaman...
Ketika Lebaran Di New York Serasa Seperti Kampung Halaman...

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Suasana perayaan Idul Fitri di wisma Duta Besar RI di New Rochelle, New York, AS, Selasa (4/6/2019). (PTRI New York)

NEW YORK, Mantapps.com – Selain 17 Agustus, Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu bagi masyarakat dan diaspora Indonesia di New York, AS.

Muat Lebih

Selain untuk mencicipi hidangan khas lebaran, Idul Fitri merupakan kesempatan untuk bersua dan kumpul bersama masyarakat Indonesia yang merantau di Negeri Paman Sam.

Tahun ini, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di New York yang jatuh pada Selasa (4/6/2019) diselenggarakan di wisma Duta Besar RI di New Rochelle New York.

Sekitar 1.500 undangan hadir untuk saling bersilaturahmi satu sama lain.

“Senang sekali tahun ini bisa Lebaran bareng para Dubes, bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia dengan suasana santai,” tutur Rusdan, lulusan Hulth International Business School di Boston.

“Serasa di rumah sendiri, apalagi sambil menikmati opor ayam yang mengobati kangen sama kampung halaman,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Zaenal Agus Mulyadi, yang mengunjungi putrinyadi New York.

“Ini kali pertama saya Lebaran di luar negeri. Tidak menyangka komunitas Islam di Amerika ternyata besar juga,” katanya.

Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Dubes Dian Triansyah Djani, mengungkapkan kebahagiaan dan suatu kehormatan yang luar biasa bahwa PTRI New York bersama KJRI New York dapat merayakan Idul Fitri bersama masyarakat dan diaspora.

“Persiapan sudah dilakukan sejak dua bulan lalu karena kami ingin memberikan Lebaran yang berkesan bagi warga kita di perantauan,” katanya.

Selain opor ayam, menu khas lebaran yang disajikan termasuk lontong cap gomeh, gulai kambing, bakso, telor pindang, sambal goreng ati, dan sate ayam.

Keistimewaan Idul Fitri di Wisma New Rochelle PTRI New York juga dimeriahkan dengan kudapan khas Indonesia yaitu lumpia, risoles, kue lapis Surabaya, termasuk es teller, pudding dan es kopi yang menyegarkan di kala musim panas di New York.

Deputi Watap RI, Mohammad Koba, berharap agar di tahun-tahun mendatang PTRI New York dan KJRI New York dapat terus bekerja sama merayakan Lebaran bersama masyarakat dan diaspora Indonesia.

Editor: Veronika Yasinta

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait