Kecewa pada Petahana, Yunani Pilih Kyriakos Mitsotakis Jadi PM

  • Whatsapp
Kecewa pada Petahana, Yunani Pilih Kyriakos Mitsotakis Jadi PM
Kecewa Pada Petahana, Yunani Pilih Kyriakos Mitsotakis Jadi Pm

Mantapps.com – Pemilu Yunani menghasilkan Kyriakos Mitsotakis sebagai pemenang dan akan menjadi Perdana Menteri Yunani berikutnya.

Mitsotakis berasal dari partai aliran sayap kanan dan mengatakan bahwa ia akan bisa membuat Yunani menegakkan kepala kembali. 

Muat Lebih

Dilansir laman BBC, setelah diketahui keluar sebagai pemenang pada Minggu kemarin, Mitsotakis mengatakan, dia tidak akan mengecewakan masyarakat Yunani.

Diketahui bahwa Mitsotakis mengalahkan PM petahana, Alexis Tsipras yang berasal dari Partai Syriza sayap kiri. Sebelumnya, Tsipras juga menjanjikan kemajuan di Yunani.

Namun, para pemilih akhirnya mengalihkan pilihan, setelah Yunani di bawah kuasa Syriza, justru mengalami ekonomi yang lemah. Selain itu, utang luar negeri negara itu malah bertambah.

Tingginya tingkat pengangguran, juga menyebabkan kondisi ekonomi yang semakin buruk.

Tsipras di Pemilu menjadi urutan kedua, dengan perolehan suara 31,53 persen. Angka itu keluar, setelah hampir dari semua distrik suara sudah dihitung.

Sementara itu, Partai Demokrasi Baru yang mengusung Mitsotakis disebutkan menang, dengan angka 39,85 persen suara yang akan memberikan kursi mayoritas pula di Parlemen. Sebagai pemenang, Partai Demokrasi Baru bisa mendapatkan lebih dari 50 persen jumlah kursi di Parlemen.

Kyriakos Mitsotakis merupakan putra mantan PM Konstantinos Mitsotakis. Dia mengatakan, akan membawa perubahan bagi Yunani dan menegaskan bahwa Yunani terlalu kecil untuk terbelah hanya karena perbedaan pilihan politik. (asp)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait