Jet Tempur AS Cegat Enam Pesawat Militer Rusia

  • Whatsapp
Jet Tempur AS Cegat Enam Pesawat Militer Rusia
Jet Tempur As Cegat Enam Pesawat Militer Rusia

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Tupolev Tu-95 bomber sputniknews

WASHINGTON, Mantapps.com – Jet tempur AS dilaporkan telah mencegat enam pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di barat Alaska, yang kemudian mengawal hingga mereka keluar dari daerah itu.

Muat Lebih

Loading...

Informasi tersebut disampaikan oleh Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), Selasa (21/5/2019).

“Pesawat militer Rusia itu termasuk dua pembom strategis Tu-95 yang dicegat oleh dua jet tempur F-22, pada Senin (20/5/2019),” kata NORAD dalam pernyataannya.

“Kelompok kedua yang terdiri dari dua pembom Tu-95 dan dua jet tempur Su-35 juga telah dicegat oleh sepasang F-22,” lanjut pernyataan itu.

Menurut hasil pantauan operasi yang dilakukan melalui pesawat pengintai AWACS, pesawat Rusia tersebut berada di wilayah udara internasional.

Pesawat Rusia dicegat sesaat setelah memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, garis perimeter di luar wilayah udara nasional yang mana lalu lintas udaranya tetap di bawah pengawasan konstan untuk mengurangi waktu respon jika terjadi ancaman musuh.

“Kemampuan kami untuk mencegah dan menaklukkan ancaman terhadap warga dan infrastruktur vital kami dimulai dengan tahap pendeteksian, pelacakan, dan pengidentifikasi pesawat secara positif dalam wilayah udara kami,” kata Komandan NORAD, Jenderal Terrence O’Shaughnessy.

“Kami tetap siaga selama 24 jam sehari, tujuh jam seminggu, dan 365 hari selama sepanjang tahun,” tambahnya dikutip AFP.

Amerika Serikat memiliki empat Zona Identifikasi Pertahanan Udara, sementara Zona Alaska memanjang sejauh sekitar 320 kilometer dari pantai terluar.

Editor: Agni Vidya Perdana

Sumber: AFP

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait