Jack Ma, Orang Terkaya China Mau Terapkan Kerja 12 Jam/Hari

  • Whatsapp

Mantapps.com – Jack Ma, orang terkaya di Chinan sekaligus CEO raksasa ecommerce China Alibaba kembali menggemparkan dunia.

Setelah serentetan kisah suksesnya membangun Alibaba, kini dia menggemparkan karena kebijakan jam kerja untuk para karyawannya.

Muat Lebih

Ia ingin menerapkan 12 jam kerja per hari kepada para karyawannya. Dia membuat formula “9-9-6” maksudnya jam 9 pagi masuk kerja, pulang jam 9 malam, dalam 6 hari seminggu.

Namun, salah satu pengamat menyebutkan bahwa jam kerja tersebut sebetulnya tidak cocok digunakan jaman sekarang. Terlebih lagi dengan tren ekonomi modern.

Dikutip Mantapps dari detik, info dari Unilad, Minggu (14/4/2019), Alibaba mendorong karyawannya untuk bekerja 72 jam seminggu atau 12 jam sehari. Jack Ma menyebut jadwal itu ‘9-9-6’ yang berasal dari bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam selama 6 hari dalam seminggu.

Menurut Jack Ma para karyawan Alibaba terbilang beruntung karena bisa bekerja selama 12 jam sehari. Pernyataan mengejutkan itu diutarakannya melalui akun WeChat perusahaan.

“Saya pribadi berpikir bahwa bisa bekerja 996 adalah berkah yang sangat besar. Banyak perusahaan dan banyak orang tidak memiliki kesempatan untuk bekerja 996. Jika Anda tidak bekerja 996 ketika Anda masih muda, kapan Anda bisa bekerja 996?” ujar Jack Ma.

Ujaran itu menimbulkan berbagai respon, terutama respon yang bernada protes atas kondisi kerja di perusahaan tersebut. Beberapa karyawan telah berbagi contoh tentang tuntutan yang berlebihan dari pengusaha.

Salah seorang karyawan telah menyuarakan keberatannya melalui surat kabar People’s Daily. Dia yang tak mau disebutkan namanya berpendapat bahwa jadwal kerja ‘996’ melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan Tiongkok yang menetapkan jam kerja rata-rata tidak boleh melebihi 40 jam seminggu.

Contributor: Mantapps

Pos terkait