Dari Kabul hingga Moskwa, Begini Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

  • Whatsapp
Dari Kabul hingga Moskwa, Begini Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia
Dari Kabul Hingga Moskwa, Begini Perayaan Idul Fitri Di Seluruh Dunia

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Warga ??Muslim di Rusia menghadiri sholat Id di dekat Masjid Katedral Moskwa, pada Selasa (4/6/2019). (REUTERS/Shamil Zhumatov) SHAMIL ZHUMATOV

Mantapps.com – Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah mulai Selasa (4/6/2019).

Muat Lebih

Loading...

Setelah berpuasa pada bulan suci Ramadhan, Idul Fitri tergantung pada penampakan bulan dan perayaannya diselenggarakan bervariasi di berbagai negara.

Setelah shalat Id, keluarga biasanya saling berkunjung dan menggelar acara makan bersama.

Di ibu kota Afghanistan, Kabul, keluarga merayakan dengan berjalan-jalan di taman pusat dan anak-anak bermain di atas komodi putar.

“Kami datang ke sini untuk merayakan Idul Fitri karena hari ini adalah untuk kebahagiaan dan semua orang ingin melihat kebahagiaan,” kata seorang warga Abdul Raziq kepada Reuters.

“Warga Afghanistan berharap perdamaian di negara ini,” ujarnya.

Di tempat lain, ribuan Muslim yang tinggal di Moskwa, Rusia, berkumpul di dalam dan di luar masjid agung kota untuk melaksanakan shalat Id.

Anak-anak bermain komidi putar pada hari pertama liburan Muslim Idul Fitri, di Kabul, Afghanistan, Selasa (4/6/2019). (REUTERS/Omar Sobhani) OMAR SOBHANI© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Anak-anak bermain komidi putar pada hari pertama liburan Muslim Idul Fitri, di Kabul, Afghanistan, Selasa (4/6/2019). (REUTERS/Omar Sobhani) OMAR SOBHANI
Keamanan tingkat tinggi dan polisi terlihat berpatroli di jalan-jalan.

Masjid Katedral Moskwa, yang memiliki kapasitas untuk 10.000 orang, dipenuhi oleh para jamaah. Mereka sebagian besar berasal dari Asia Tengah.

Setelah Kristen Ortodoks, Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia.

“Kami datang untuk berdoa dan tempatnya bagaimana tidak penting,” ujar Sivush Veriyev.

“Satu-satunya tempat yang kami butuhkan adalah tempat untuk meletakkan sajadah, berdoa kepada Tuhan, mengambil bagian dalam liburan ini. Dan inilah yang terpenting,” katanya.

Sementara itu, ribuan orang memenuhi stadion penuh sesak di Addis Ababa di Etiopia dan Mogadishu di Somalia. Selain itu di ibu kota Nigeria, Abuja, dan juga Juba di Sudan Selatan warga berbondong-bondong untuk shalat Id.

Di Bangladesh, ribuan orang berebut ke terminal dan stasiun feri Dhaka, berdesak-desakan di kereta api yang menuju ke luar kota.

Sama seperti di Indonesia, warga Bangladesh juga memiliki tradisi pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri.

Di Turki, Presiden Tayyip Erdogan berdoa di masjid besar Camlica Istanbul yang baru, yang secara resmi diresmikannya bulan lalu.

Editor: Veronika Yasinta

Sumber: Reuters

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait