AS Tak Sengaja Bunuh 17 Polisi Afghanistan

  • Whatsapp
AS Tak Sengaja Bunuh 17 Polisi Afghanistan

© Willy Haryono
AS mengakui adanya miskomunikasi dengan Afghanistan.
Lashkar Gah: Pasukan Amerika Serikat di Afghanistan secara tak sengaja membunuh sedikitnya 17 polisi dan melukai puluhan lainnya dalam sebuah serangan udara di provinsi Helmand. Serangan tersebut bertujuan membantu pasukan Afghanistan dalam menghadapi grup pemberontak Taliban.

Muat Lebih

Loading...

Dikutip dari laman UPI, Jumat 17 Mei 2019, serangan udara AS berlangsung di luar dari Lashkar Gah, ibu kota provinsi Helmand. 

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan pengeboman itu bertujuan membantu pasukan Afghanistan yang sedang bertahan dari serangan berskala masif dari Taliban di distrik Nahr-e-Saraj.

Seorang komandan batalion polisi jalan raya tewas dalam serangan udara AS. Korban tewas diidentifikasi sebagai Letnan Gran Habib.

Kemendagri Afghanistan menyebut Taliban mendapat pukulan telak dari pertempuran di Helmand. Ia tidak menyebutkan mengapa serangan udara AS dapat mengenai rekan koalisi sendiri.

Kolonel Dave Butler, juru bicara misi pimpinan AS di Afghanistan, mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah Afghanistan mengenai serangan udara. AS mengklaim telah mendapat konfirmasi dari Afghanistan bahwa area yang akan diserang “telah bersih dari pasukan mitra.”

“Tapi ternyata tidak, sehingga kecelakaan tragis pun terjadi,” kata Kolonel Butler. 

“Pasukan keamanan Afghanistan dan juga militan Taliban tewas dalam serangan udara tersebut. Kami memeriksa adanya miskomunikasi untuk memastikan kejadian serupa tak terulang di masa mendatang,” lanjut dia.

Sementara juru bicara Taliban Qari Yousaf Ahmadi mengklaim serangan udara AS menewaskan 35 personel keamanan dan empat komandan senior kepolisian Afghanistan.

Taliban melanjutkan gelombang serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan sembari terus bernegosiasi dengan AS. Taliban menguasai sebagian besar distrik di provinsi Helmand, dan juga telah merebut beberapa wilayah baru di tengah meningkatnya ketegangan dengan pemerintah Afghanistan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait