17 Polisi Yaman Tewas dalam Serangan Pemberontak Houthi

  • Whatsapp
17 Polisi Yaman Tewas dalam Serangan Pemberontak Houthi
17 Polisi Yaman Tewas Dalam Serangan Pemberontak Houthi

Aden: Sebanyak 17 anggota polisi Yaman terbunuh dan puluhan lainnya terluka dalam serangan di sebuah pangkalan militer pada Kamis 1 Agustus 2019, waktu setempat.

“Serangan pemberontak itu terjadi di sebuah pangkalan militer di dekat kota Aden yang dikuasai pemerintah,” kata satu sumber medis Yaman, seperti dikutip AFP, Kamis 1 Agustus 2019.

Muat Lebih

Loading...

Pemberontak Houthi yang menguasai ibu kota mengatakan bahwa serangan terhadap Pangkalan Al-Jala, sekitar 20 kilometer di sebelah barat Aden, dilakukan dengan menggunakan drone dan rudal balistik.

Serangan itu terjadi ketika seorang pengebom bunuh diri menewaskan sedikitnya tiga polisi, dilatih dan didukung oleh Uni Emirat Arab, di daerah Sheikh Othman.

Perang di Yaman telah dimulai sejak 2015. Konflik itu menyebabkan warga Yaman terancam kelaparan terparah yang pernah dihadapi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengingatkan kemungkinan terjadinya kelaparan terburuk dalam 100 tahun terakhir di Yaman, jika perang di negara tersebut terus berlanjut. PBB mengestimasi kelaparan bisa melanda Yaman dalam tiga bulan ke depan.

Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB untuk Yaman Lise Grande mengatakan dua belas hingga tiga belas juta warga sipil Yaman terancam kelaparan.

Kelaparan terburuk dalam 100 tahun yang dimaksud PBB merujuk pada peristiwa mengenaskan di beberapa negara di masa lalu. PBB menyebut negara yang pernah mengalami kelaparan hebat itu adalah Ethiopia, Bengal (koloni Inggris di India), dan beberapa bagian Uni Soviet.

Yaman dilanda perang sipil sejak tiga tahun lalu sejak pemberontak Houthi menguasai banyak wilayah di negara tersebut, termasuk ibu kota Sanaa. Koalisi militer pimpinan Arab Saudi turut serta dalam perang di Yaman sejak 2015 dan terus menggempur Houthi hingga saat ini.

Ribuan warga sipil terjebak dalam perang berdarah ini. PBB mengestimasi jumlah korban jiwa perang sipil di Yaman telah mencapai sedikitnya 10 ribu orang, dan membuat jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait