Cara Menggunakan ‘Face ID’ dan ‘Grup Video Call’ di Whatsapp

  • Whatsapp

Mantapps.com, Jakarta – Aplikasi WhatsApp nampaknya terus mengembangkan fitur-fitur barunya. Fitur baru whatsApp tersebut yakni tentang Face ID  atauTouch Id  serta Grup Video Call atau Grup Call.

Touch Id ini berguna untuk melindungi obrolan penggunanya dari yang terlihat oleh orang lain. Otentikasi, setelah diaktifkan, akan diperlukan bagi pengguna untuk membuka aplikasi. Layanan olah pesan instan ini dilaporkan juga menghadirkan fitur yang mirip dengan iPhone, mendukung dua metode otentikasi biometrik – baik Face ID maupun Touch ID.

Muat Lebih

Loading...

Menurut WABetaInfo, situs penggemar yang menguji fitur WhatsApp baru lebih awal, fitur ini sedang dalam pengembangan, dan dinonaktifkan secara default di Android 2.19.3 versi beta.

“Setelah bekerja untuk mengimplementasikan fitur ID Wajah dan ID Sentuh pada iOS (yang belum tersedia untuk alasan pengembangan), WhatsApp akhirnya mulai bekerja pada fitur Otentikasi pada Android, menggunakan Sidik Jari Anda!” tulis melalui website tersebut saat dikutip oleh Tribunnews.com.

Cara mengaktifkan otentikasi sidik jari di WhatsApp

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Lihat di Menu Pengaturan

3. Pilih Menu Akun

4. Pilih Privasi

5. Dan Aktifkan fitur tersebut

Fitur Baru yang akan di miliki oleh WhatsApp
Fitur Baru yang akan di miliki oleh WhatsApp
Fitur Baru yang akan di miliki oleh WhatsApp Face ID dan Touch ID
Fitur Baru yang akan di miliki oleh WhatsApp Face ID dan Touch ID

Setelah Anda mengaktifkan fitur sidik jari, WhatsApp akan sepenuhnya terlindungi dari orang lain untuk dilihat.

“Pengguna perlu mengautentikasi identitasnya untuk membuka WhatsApp (dari ikon aplikasi, dari notifikasi atau dari pemilih eksternal). Itu akan melindungi seluruh aplikasi, sehingga tidak digunakan untuk mengunci percakapan tertentu,” dikutip Tribun News dari gadgets.ndtv.com.

Fitur ini masih akan dikembangkan dan bagi pengguna Android fitur ini hanya dapat akan dinikmati di bawah Sistem Operasi mimimal yakni Marshmallow dan sistem operasi yang lebih baru. Selain hal tersebut WhatsApp dikabarkan juga akan tetap mengaktifkan fitur Grup Video Call atau Grup Call.

Fitur group call dan group video call sejatinya telah diluncurkan pertengahan tahun lalu, tapi penggunaannya agak sedikit merepotkan. Pasalnya, pengguna harus melakukan secara manual.

Dalam hal ini pengguna harus memulai panggilan dengan salah satu pengguna, lalu menambahkan pengguna lainnya. Namun kini WhatsAp telah memperbarui dengan membubuhkan ikon khusus bergambar telepon bertanda plus (+). Tombol ini bisa ditemukan di pojok kanan atas di ruang group chat (obrolan grup).

Pengguna cukup mengetuk tombol tersebut untuk memulai panggilan, kemudian pilih maksimal tiga anggota grup. Sehingga, total anggota panggilan group bisa tetap empat orang – bersama dengan inisiator panggilan grup – sebagaimana jumlah maksimal peserta dalam fitur group call yang sudah ada.

Di sisi kanan atas akan muncul pilihan ingin melakukan group video call (tombol sebelah kiri) atau group call (tombol sebelah kanan).

Capture Grup Call WhatsApp
Capture Grup Call WhatsApp Sumber Kompas Tekno

Perlu diingat jika cara ini hanya bisa dilakukan melalui group chat dengan mengajak anggota yang terdaftar dalam group. Untuk membuat panggilan grup diluar group chat, harus dilakukan secara manual.

Inisiator telepon pertama juga hanya bisa memilih kontak dari nomor yang telah mereka simpan saja, sebagaimana mengutip dari KompasTekno.com Kamis (17/1/2018). Untuk mencoba fitur ini, pengguna bisa memperbarui aplikasi WhatsApp untuk Android ke versi 2.19.9.

Sementara itu, pengguna iOS sudah bisa mencobanya sejak bulan lalu. Dalam pembaruannya, WhatsApp juga membawa perbaikan untuk bug GIF yang dilaporkan sering tidak berfungsi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cara Menggunakan Fitur Terbaru WhatsApp, Touch ID, Grup Video Call dan Grup Call

Loading...

Pos terkait