Android Q Beta Sudah Tersedia

  • Whatsapp
Android Q Beta Sudah Tersedia
Android Q Beta Sudah Tersedia

Mantapps.com – Memasuki tahun 2019, Google tengah mempersiapkan sistem operasi Android versi baru yang akan dirilis tahun ini. Android Q edisi Beta 1 telah digelontorkan untuk diujicoba.

Sistem operasi ini dirilis untuk ponsel Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL dan Android Emulator. Ini adalah tahun keempat di mana Google merilis versi pratinjau untuk para pengembang. Namun pratinjau pertama Android Q kali ini sedikit berbeda, yakni dapat diunduh melalui Over the Air (OTA).

Sementara versi pratinjau dari Android sebeleumnya, hanya dapat diunduh dan diinstal melalui cara manual. Pasalnya sistem operasi versi Beta ini memang hanya ditujukan untuk para pengembang.

Dalam Android Q versi Beta 1 ini Google membawa beberapa pembaruan fitur agar pengguna memiliki kontrol lebih luas pada perangkat yang digunakannya. Seperti contohnya fitur Device Location untuk mengontrol akses aplikasi pada lokasi perangkat. Atau fitur Scoped Storage yang dapat digunakan untuk mengatur akses aplikasi pada dokumen-dokumen yang ada di dalam perangkat.

Android Q Beta 1 juga dirancang untuk dapat digunakan pada perangkat Android dengan layar yang dapat dilipat. Dikutip KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (15/3/2019), Android Q nantinya dapat dimaksimalkan untuk perangkat dengan layar yang lebih luas. Android Q versi Beta 1 ini akan tersedia hingga April mendatang.

Setelah itu sesuai jadwal, Google akan merilis versi Beta 2 hingga Beta 6 setiap bulan. Google sendiri biasanya memperkenalkan Android versi barunya dalam gelaran Google I/O setiap pertengahan tahun. Kemudian sistem operasi tersebut akan dirilis pada kuartal ketiga (Q3) di tahun tersebut. Untuk mencoba sistem operasi ini, Anda bisa mengunduhnya lewat tautan berikut ini. https://www.google.com/android/beta

Artikel ini telah tayang di Kompas.com
Penulis : Yudha Pratomo
Editor : Reska K. Nistanto

Pos terkait