Jumlah PC Gamer di China Diprediksi akan Kalahkan Jumlah Populasi Amerika Serikat

  • Whatsapp
Jumlah PC Gamer di China Diprediksi akan Kalahkan Jumlah Populasi Amerika Serikat

China tentunya menjadi salah satu negara paling penting bagi para penggiat industri video games, bagaimana tidak dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia hal ini tentunya berbanding lurus dengan jumlah konsumen dan calon konsumen untuk game-game yang dibuat oleh para developer. Para publisher pun berlomba-lomba untuk menarik minat para gamers disana yang tentunya akan menghasilkan pundi-pundi keuntungan bagi mereka. Bahkan faktanya, jumlah gamer PC di negeri tirai bambu tersebut sangat masif bahkan diprediksi akan mengalahkan jumlah populasi orang di Amerika Serikat.

Nulis artikel dibayar

Prediksi inipun dikeluarkan oleh PC Gamer berdasarkan data riset yang dilakukan oleh Niko Partner tentang Laporan Pasar PC Online Games ini. Yang berisi data laporan pengguna PC Game mulai dari 2018 lalu hingga prediksi hingga 2023 mendatang. Dalam laporan tersebut ditunjukkan bahwa pertumbuhan gamer PC di China sangat masif. Tertulis disana bahwa jumlah gamer PC di China sekarang telah mencapai 312,4 juta pemain, sudah relatif dekat dengan jumlah seluruh penduduk Amerika Serikat yang sekarang telah mencapai 327,2 juta penduduk bila kalian penasaran. Sehingga diramalkan jumlah tersebut akan segera terkejar oleh para pemain di China yang diprediksi akan mencapai 354 juta pemain pada 2023.

Hal yang unik dari jumlah masif pemain game PC di China ini adalah fakta bahwa Pemerintah China telah beberapa kali mengeluarkan regulasi yang secara tidak langsung menghambat pergerakan para developer dan publisher yang ingin merilis gamenya di China. Namun kelihatannya hal tersebut tidak menghentikan langkah para pemain China untuk terus tumbuh dalam hal jumlah. Steam pun menjadi platform andalan dari para gamer PC China, dimana 24%  dari total pemain Steam di seluruh dunia menggunakan setelan bahasa Chinese (Simplified).

Dalam industri PC gamer di China sendiri esports menjadi faktor pertumbuhan paling kuat di sana. Menjadi alasan bagi 59,4% para gamer untuk bermain di platform PC, jumlah pemain aktif yang besar tersebut pun membuat pertumbuhan warnet atau internet cafe di sana tumbuh pesat hingga mencapai 138.000 warnet tersebar di seluruh China. Tencent dan NetEase pun menjadi publisher terbesar di sana, meskipun secara segmen pasar sendiri 60% nya masih dikuasai oleh developer asing.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Gamer PC atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait