Ini Kemungkinan Penyebab Kali Ketiga Facebook, WA, dan Instagram Down di 2019

  • Whatsapp

Mantapps.com – Seperti yang diketahui, aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram sempat tumbang secara bersamaan pada Minggu (14/4) malam. Ini kali ketiga perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu tumbang di tahun 2019.

Dikutip Mantapps dari era.id, gangguan pertama terjadi di bulan Januari lalu. Kala itu, layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram tak bisa digunakan di sejumlah wilayah di dunia.

Muat Lebih

Kejadian yang sama kembali terjadi pada Maret lalu. Bukan hanya tidak bisa diakses ketiga layanan sosial media itu down secara bersamaan. Gangguan itu bahkan berlangsung hingga enam jam lamanya.

Sayangnya pihak Facebook juga tidak memaparkan penyebab masalah tersebut. Mereka hanya menyampaikan permohonan maaf pada saat itu.

Peneliti keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, perusahaan sekelas Google dan Facebook adalah perusahaan dengan bandwidth terbesar di dunia. Untuk bisa menyerang mereka dengan DDoS, sangat sulit.

Namun sebagai pengamat dan pihak luar yang tidak memiliki akses ke server, yang bisa dilakukannya hanya merangkai kemungkinan-kemungkinan yang logis.

Kemungkinan pertama, jika insiden ini berkaitan, maka diduga terjadi serangan eksploitasi yang menyerang 0 day vulnerability atau celah keamanan baru yang belum pernah diumumkan atau belum ditemukan obatnya (patch-nya).

Disebutkannya, semua software selalu memiliki celah keamanan. Dan setiap kali ditemukan celah keamanan, maka pembuat software segera membuat patch (tambalan) untuk menutupi celah keamanan tersebut supaya tidak bisa diserang (eksploitasi).

Kalau insiden ini tidak berkaitan, menurut Alfons hanya kebetulan saja down berbarengan, dan itu menurutnya kecil kemungkinan bisa terjadi tumbang bersamaan.

Jadi, dugaan kedua menurutnya, kemungkinan penyebabnya adalah masalah dalam integrasi WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Disebutkan Alfons, perusahaan sekelas Facebook tak luput dari masalah semacam ini. Menurutnya, menangani 2 miliar pengguna, dengan data yang besar bukan perkara mudah.

Contributor: Mantapp

Pos terkait