Hati – hati Penipuan Teman Gadungan di WhatsApp

  • Whatsapp

#WhatsApp #kasus #penipuan

Mantapps.com, Jakarta – Hati – hati modus penipuan “teman gadungan” sedang marak di WhatsApp. Diwartakan oleh The Sun, terkait dengan adanya sejumlah kasus yang membuat akun pengguna tertentu dibajak orang tak bertanggung jawab untuk kemudian dipakai dalam tindak penipuan.

Muat Lebih

Dikutip Mantapps dari detik, menurut McAfee, tindak kejahatan siber yang melibatkan peretasan akun itu sudah membuat 46% orang Britania Raya menjadi korban hack dan kehilangan sejumlah uang akibat dampaknya.

Apesnya rata-rata penipuan ini membuat masing-masing orang bisa kecolongan 725 poundsterling. Aplikasi populer macam WhatsApp pun tidak lepas jadi sasaran para penipu tersebut.

Dalam kasus WhatsApp ini, sebut The Sun, para penipu itu akan berpura-pura jadi salah seorang teman dari pengguna yang jadi sasaran.

Penipu yang menjadi “teman gadungan” ini awalnya akan berpura-pura ganti nomor, sok kenal, lalu memiliki tujuan akhir minta kode verifikasi.

Nah, sebagai pengingat, kode verifikasi ini merupakan sebuah aspek krusial di WhatsApp. Kamu biasanya akan menerima kode itu ketika mendaftar di WhatsApp. Kode ini sendiri bertugas memverifikasi pengguna nomor telepon selaku pemegang akun sah.

Saat si penipu sudah memiliki kode verifikasi, maka mereka akan mengambil alih akun WhatsApp tersebut dan kemudian berpura-pura menjadi si pengguna yang asli untuk melakukan kejahatan. Ini yang biasa dikenal dengan akun kena hack atau dibajak.

Dengan akun WhatsApp bajakan di tangan, si penjahat makin sah saja jadi “teman gadungan”. Si penipu ini lazim menggunakan akun yang dibajaknya untuk minta transferan uang dan gift card ke orang-orang yang ada di nomor kontak akun tersebut. Selain itu mereka juga dapat mengulangi modus serupa dalam minta kode verifikasi, untuk memperluas aksi.

Nah, buat kamu para pengguna WhatsApp tetap waspada jika ada kontakmu di WhatsApp yang minta ditransfer uang atau gift card.

Contributor: Mantapps

Pos terkait