Dituding Merugikan Konsumen, Google Terancam Denda Rp 92 Triliun

  • Whatsapp

#Google #RaksasaTeknologi #Android #Aplikasi – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat,“Google”ditimpa isu tak sedap. Kabarnya saat ini pihak Google sedang diselidiki oleh Komisi Eropa atas dugaan pelanggaran hukum kompetisi di kawasan Uni Eropa.

Google dituding merugikan konsumen dan kompetitor karena mensyaratkan menufaktur ponsel untuk menginstal produknya sendiri. Ya, diperkirakan ada sekitar 11 aplikasi termasuk YouTube, Gmail dan Google maps, terlebih semua aplikasi tersebut tidak bisa di uninstal.

Muat Lebih

Komisi Eropa mengatakan, pihak Google menyalah gunakan posisi dominannya di pasar. Apalagi 80% tablet dan smartphone di Eropa menggunakan Android.

Margrethe Vestager, Head of Competition Policy di Komisi Eropa mengatakan, “berdasarkan investigasi kami sejauh ini, kami yakin kelakuan Google itu menghalangi konsumen memiliki pilihan luas aplikasi dan layanan mobile dan merintangi inovasi dari pemain lain.

Atas perkara tersebut, pihak Google harus bisa menjawab dan menjelaskan dampak positifnya. Jika tidak, pihak Google terancam denda sekitar USD 7 miliar atau di kisaran Rp 92 triliun.

 

 

 

 

 

Countributor : Wieke

Sumber : (CNN)

Pos terkait