4 Guide World of Tank Agar Kamu Survive dan Menang Pertarungan

  • Whatsapp
4 Guide World of Tank Agar Kamu Survive dan Menang Pertarungan

Bermain World of Tank memang perlu beberapa saat sebelum kalian terbiasa, sebuah game perang antar tank dimana kalian tak bisa gegabah memang sedikit tricky. Namun itulah yang menyenangkan dari game World of Tank menghabisi satu tank akan terasa sangat rewarding, nah buat kalian yang masih sering bingung dalam bermain game ini kalian bisa membaca 4 tips dibawah agar gameplay kalian jadi jauh lebih baik.

Nulis artikel dibayar

Jika kalian belum mendownload World of Tank, Klik Link Ini

1. Sembunyikan Dirimu, Itu Hal Wajib

Bagi kalian yang sudah ingin atau sedang terjun ke-medan perang World of Tank tentu akan mengalami apa itu terkena “Spotting” oleh musuh atau red team. Entah darimana dia berasal tiba-tiba saja bisa mengetahui posisi kita, dan status “spotted” seperti ini akan membuat diri kita terlihat secara berkala oleh musuh, sehingga mudah untuk dihabisi. Cara untuk bersembunyi ataupun kerap disebut dengan istilah “Conceal” pada game World of Tank bisa dibilang cukup tricky.

7 Spot yang tak boleh terlihat oleh moncong senapan musuh

Hal pertama yang harus kalian pahami adalah bagaimana mekanisme visibilitas yang ada didalam World of Tank berlaku. Teori mudahnya adalah kalian harus menyembunyikan 7 spot yang disebut “Spotting Checkpoint” dari jarak pandang musuh.  Bagaimana cara menyembunyikannya ada berbagai cara tentu, kalian bisa bersembunyi dibelakang bush atau rumput liar yang cukup tinggi, atau bisa berlindung dibalik tempat berlindung seperti batu ataupun tembok keras.

Kedua kalian harus paham bahwa berpindah tempat dengan keadaan apapun akan membuat kita lebih mudah terlihat, jadi jika kalian memang tipe2 yang tidak ingin terspotting usahakan tidak bergerak (KECUALI Light Tank). Selain berpindah tempat ketika menembak juga akan secara drastis membuat kita mudah ter-spotting oleh musuh, usahakan menembak seperlunya pada jarak dimana musuh tak sadar kita ada dimana atau lebih mudah dikenal jarak antar drawing spot dan juga spotting spot.

2. Kelas Tank Tentukan Gaya Main Nantinya

Hal selanjutnya yang akan sangat membantu adalah kelas tank seperti apa yang ingin kalian mainkan. Pada World of Tank sendiri memiliki sistem Role dimana tiap-tiap jenis tank memiliki perannya masing-masing. Mengetahui jenis serta peran tiap tank akan sangat membantu kalian dalam menentukan gaya bermain tank apa yang kalian inginkan.

A. Light Tank

Speed diatas rata-rata kelas tank lainnya, membuat Light Tank memiliki kemampuan mobilitas yang sangat tinggi. Tidak mudah ter-spotting oleh musuh meski terus-terusan bergerak menjadi keunggulan tersendiri. Namun armornya yang tipis kerap membuat player Light Tank yang kurang pandai mengemudi cepat mati, sehingga diperlukannya strategi tersendiri. Tugas utama light tank adalah support backup serta scouting tank lain.

Pro’s Light Tank:

  • Speed kencang
  • Kecil dan Low-Profile, Sulit Ter-Spotting
  • View Range Besar, Bertugas sebagai Scout atau Men-Spotting posisi musuh.

Weakness

  • Armor layaknya kertas
  • Salah Bergerak Sedikit, Bisa di Immobilize Dengan Menghancurkan Rodanya
  •  Senjata Tidak Perih Layaknya Kelas Lain
B. Medium Tank

Kelas medium ini bisa dibilang menjadi tank bantu-bantu. Kelas ini bisa dibilang cukup spesial karena memiliki beberapa aspek keunggulan dari tiap kelas, namun keunggulan tersebut tidak terbuild secara maksimal layaknya tank lain. Speed yang lebih cepat dari heavy tank, punya armor lebih tebal dari Light Tank, Cocok menambal setiap posisi yang membutuhkan.

Pro’s Medium Tank:

  • Memiliki Armor, Speed, Senjata yang Baik
  • Andalan Flank, Disaat Lain Face to Face
  • Hold Base, Tandem Pasukan Push, Semua Bisa

Weakness:

  • Butuh Kekompakan Tank Lain Untuk Berhasil
  • Rentan Terhadap Musuh yang Peka Flank
  • Lebih Lambat Dari Light Tank
C. Heavy Tank

Banyak player pemula yang mungkin menyukai tank satu ini, bergerak lambat namun memiliki armor super tebal membuat tank satu ini sangat sulit dikalahkan. Berbeda dengan tank lain, tank-tank Heavy Tank memiliki spot lemah yang cukup sedikit nyaris beberapa bagian pada tanknya sulit untuk di-penetrasi. Untuk player yang bosan mati terus menerus mungkin cocok menggunakan kelas satu ini. Tugas utamanya adalah TAHAN BADAN serta garda depan peperangan.

Pro’s Heavy Tank

  • Senjata yang Sakit
  • Armor Tebal Serta Weak Spot yang Sulit Dicari
  • Tahan Badan, Block Damage Sudah Takdir.

Weakness:

  • Sangat Lambat
  • Mudah Diputari Light Tank atau Medium Tank
  • Tanjakan = Sabar
D. Tank Destroyer

Membawa laras besar yang lumayan seram Tank Destroyer bisa dibilang salah penghancur yang efektif. Berbeda dengan Heavy Tank senjatanya yang sakit tak perlu dibawa hingga garis depan, tugas Tank Destroyer cukup menghancurkan tank musuh dari jarak dimana dirinya tak terlihat namun memiliki efek yang merusak. Tugas utamanya adalah, Finisher, damager, dan fighter bar-bar.

Pro’s Tank Destroyer:

  • Senjata Laras Panjang Dengan Power yang Kuat
  • Splash Damage yang Sakit
  • Bersembunyi Diantara Semak-semak Ditengah Peperangan
  • Sniper yang Menyebalkan

Weakness:  

  • Armor Samping yang Rentan
  • Target Artilery atau SPG
  • Face to Face Bukanlah Hoby
E. Artillery

Layaknya dewa Artilerry atau kerap disebut SPG melihat pertarungan dari atas map layaknya sebuah satelit. Pemain SPG tak banyak memiliki mobilitas, hanya menanti di homebase mereka sembari menembakan areanya dari langit sembari membantu teman satu teamnya melakukan push.

Pro’s Artillery:

  • Senjata Tersakit
  • Splash Damage yang Besar
  • Pandangan Satelit Layaknya Strategis

Weakness:

  • Reload Time Lama, Jangan Asal Tembak
  • Terkepung = Kalah
  • Aim Tidak Mudah Bagi Pemula

Dari situ kalian sudah bisa memilih tank-tank mana yang kalian akan pakai untuk bermain World of Tank, sehingga kalian bisa menentukan tank mana yang akan kalian research dan beli di kemudian hari sesuai playstyle yang kalian inginkan.

3. Peluru yang Tepat di Saat yang Tepat

Shell atau kerap disebut amunisi, pada World of Tank merupakan hal yang sangat krusial untuk dipahami. Tiap-tiap shell memiliki karakteristik serta efek yang berbeda antara satu shell dengan shell yang lainnya. Tingkat penetrasi yang berbeda serta jarak peluru akan mempengaruhi bagaimana kalian bisa mendamage tank musuh.

 Armor Piercing (AP)

 

Menjadi peluru yang paling kerap digunakan karena selain mudah, seperti namanya peluru ini bertugas untuk mempenetrasi armor tank musuh agar terjadi damage. Hal yang perlu kalian tahu adalah, shell ini menjadi standar kebanyakan tank untuk digunakan sehingga kalian bisa mengisi banyak peluru ini karena memang harganya yang terbilang murah.

Kapan harus digunakan ?

Saat musuh ada dijarak dekat dan kalian ingin mempenetrasi lapisan armor musuh saat face to face atau keadaan normal.

 Armor Piercing Composite Rigid (APCR)

 

APCR atau lebih dikenal sebagai Premium Shell sebenarnya merupakan peluru AP namun dengan penetrasi yang jauh lebih tinggi dibanding AP Biasa. Namun dengan kekuatan sebesar itu tentu ada harga yang harus dibayar, untuk peluru AP biasa saja kalian hanya perlu merogoh kocek dibawah 20 Credits. APCR sendiri per-satu bijinya berharga 3.000 credit, berkali-kali lipat lebih tinggi daripada peluru AP biasa.

Kapan harus digunakan ?

Basicly ammo ini akan sangat boros jika digunakan setiap saat, beberapa low tier menggunakan shell ini untuk menembus tank-tank lapis baja yang tebal. Namun shell ini lebih kerap dipakai oleh permainan tank tier atas, jadi untuk kalian yang tier bawah pakailah AP yang biasa saja.

  High Explosive (HE)

 

Minim akan penetrasi, HE merupakan peluru yang bersifat layaknya peledak. Kalian bisa tembakan shell HE pada momen-momen tertentu, semisal kalian berhasil mem-flank musuh sehingga terekspos bagian belakang atau spot terlemahnya maka potensi damage yang akan ditimbulkan sangatlah besar. Namun HE sendiri tak butuh penetrasi untuk menghasilkan damage. Peluru ini juga memiliki area ledak yang akan menghasilkan splash damage bagi musuh disekitar area ledak.

Kapan harus digunakan?

Saat berhasil flank, atau menemukan spot yang cocok untuk meng-immobilze musuh atau meledakan musuh. Peluru ini juga baik digunakan untuk tank-tank tipe SPG. Hancurin Roda ? dengan peluru ini maka akan terasa mudah.

 High Explosive Anti-Tank (HEAT)

 

Jika HE sangat minim penetrasi sehingga ada perbedaan mekanisme damage, HEAT bisa dibilang merupakan versi premium dari HE. HEAT merupakan salah satu shell premium yang memiliki daya ledak yang sama dengan HE + shell ini memiliki penetrasi yang lebih tinggi dibanding HE biasa. Namun HEAT sendiri tidak memiliki splash damage layaknya HE standar

Kapan harus digunakan?

Pada beberapa Tank shell ini menjadi pengganti APCR, sehingga kalian mungkin akan mempertimbangkan shell ini pada penggunaan tank tier-tier atas. Pada SPG juga shell ini jarang digunakan karena tingkat akurasi yang perlu diasah lebih.

4. Cara Take Cover dan Menahan Serangan

SideScrapping world of tank

Pada pembahasan ini akan ada tips bagaimana caranya kalian berposisi ketika berlindung dibalik tembok ataupun batu agar peluru musuh tak mudah ter-penetrasi ke-tank kalian. Pada World of Tank dikenal istilah “Blocking Damage” serta “Richochet/ Memantulkan”. Kedua istilah ini menjadi penting untuk mengetahui mengapa terkadang serangan yang kita arahkan ke musuh sama sekali tak menghasilkan damage.

Blocking damage sendiri merupakan momen ketika kalian berhasil menahan serangan lawan dengan membuat musuh menyerang ke bagian-bagian tank kalian yang tebal atau tak bisa ditembus oleh mereka. Gambar berikut menunjukan sebuah tank memiliki perbedaan bagian warna pada masing-masing tanknya.

tiap tank memiliki perbedaan weakness spot, namun ada spot-spot umum dimana kamu bisa serang

Hal ini menunjukan bahwa salah satu bagian lebih tipis dibanding bagian lainya, tentu tiap tank memiliki bagian yang berbeda-beda sehingga kalian perlu men-cari di google sendiri bagian mana tank kalian yang lebih keras. Apa gunanya? jika kalian paham karakteristik tank kalian, kalian akan bisa menunjukan atau memancing musuh untuk menyerang bagian itu sehingga mereka terkecoh dan terpaksa reload.

Memantulkan shell/ Bouncing/ Richocet merupakan teknik yang sedikit tricky namun pantas untuk dicoba. Untuk melakukan ini kalian perlu melakukan teknik yang disebut “Sidescrapping”, secara sederhananya adalah kalian perlu membuat sudut dimana musuh tidak bisa 90 derajat menembus armor samping ataupun armor depan tank kalian. Kalian perlu membuat sudut tajam sehingga ketika mereka menyerang shell akan terpantul dan tidak ada damage terjadi. Kalian bisa lihat gambar dibawah, dimana tank kita sengaja menonjolkan bagian sampingnya secara sudut lancip namun tetap menutupi bagian depan tanknya.

Ini keuntungan melakukan sidescrapping dibanding kalian menggunakan cara konvensional.

Lalu cara selanjutnya adalah kalian bisa memunculkan sebagian badan tank kalian saja, terutama turret. Turret pada tank rata-rata menjadi strategi utama dalam memantulkan proyektil, namun perlu menjadi catatan bahwa turret yang memiliki tonjolan atau tempat dimana commander menjadi weakspot utama dibanding bagian turret keseluruhan jadi berhati-hatilah.

Pancing musuh menyerang bagian turretmu saja

Itu dia 4 tips bagaimana caranya survive ketika battle World of Tank dimulai. Semoga kalian bisa bertahan hingga akhir, karena memang newbie akan banyak terbuli ketika memainkan game ini. Jika kalian teartarik mendownloadnya bisa coba klik link ini.

LINK DOWNLOAD

 



Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait